Kompas.com - Diperbarui 16/08/2022, 15:31 WIB

KOMPAS.com -  Jintan hitam (black seed) atau yang lebih dikenal dengan habbatussauda adalah tumbuhan berbunga kecil yang tumbuh di Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan.

Tanaman dengan nama latin Nigella sativa ini adalah jenis tanaman semak ini yang juga menghasilkan buah dengan biji hitam kecil.

Jintan hitam punya banyak sekali nama lain, termasuk habbatussauda, nigella, bunga adas, atau ketumbar Romawi.

Minyak jintan hitam diekstrak dari biji N. sativa dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun karena banyak manfaat terapeutiknya, seperti untuk pengobatan asma dan membantu penurunan berat badan.

Baca juga: Kabar Gembira, Minyak Jintan Hitam Bantu Turunkan Berat Badan

Jika dioleskan, maka minyak habbatussauda juga memberi manfaat pada kulit dan rambut.
Minyak jintan hitam memiliki sejarah penggunaan yang panjang sejak lebih dari 2000 tahun. Bahkan, menurut beberapa sumber, ditemukan di makam Raja Tut.

Bahan alami ini digunakan oleh beberapa orang untuk pengobatan asma, diabetes, hipertensi, penurunan berat badan, dan kondisi lainnya.

Salah satu komponen utamanya adalah thymoquinone, senyawa dengan sifat antioksidan. Ada bukti ilmiah yang mendukung beberapa manfaat kesehatan dari habbatussauda.

Efek samping habbatussauda

Namun, bukan berarti tanaman herbal ini cocok untuk semua orang, ada juga efek samping habbatussauda yang perlu diwaspadai.

Biasanya akan ada reaksi setelah minum habbatussauda, dan jika reaksinya cukup parah, maka sebaiknya konsumsi tanaman herbal ini dihentikan terlebih dahulu atau mengikuti anjuran dokter.

Baca juga: Resep Teh Herbal 4 Bahan, Cocok Diminum Habis Makan Banyak Daging

Efek samping jintan hitam

Secara umum, saat digunakan dalam jumlah kecil untuk memasak, minyak jintan hitam kemungkinan besar aman bagi kebanyakan orang.

Namun, ada juga beberapa efek samping habbatussauda yang perlu diwaspadai:

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.