Kompas.com - 01/03/2021, 12:25 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang terus mengandalkan latihan di rumah sebagai pengganti sesi gym untuk memperbaiki kebugaran.

Tetapi menemukan waktu dan motivasi berolahraga bisa menjadi lebih sulit jika kita tidak memiliki tempat khusus untuk itu.

Sementara, mencoba menyelipkan latihan di antara furnitur ruang tamu sambil menghindari anak-anak atau hewan peliharaan juga membuat gerakan jadi terbatas.

Nah untungnya, kita tidak memerlukan seluruh ruangan untuk membuat pusat kebugaran di rumah yang dipersonalisasi.

Kita bisa memanfaatkan beberapa sudut ruangan atau tempat yang nyaman di rumah untuk berolahraga seperti yang dilansir dari laman Better Homes and Gardens berikut ini.

Baca juga: 10 Tips Jitu Jaga Rutinitas Olahraga di Rumah Selama Pandemi

1. Tentukan pilihan olahraga

Pengaturan terbaik untuk membuat gym di dalam rumah akan bergantung pada gaya latihan yang kita pilih.

Jika kita ingin memulai hari dengan latihan yoga, carilah area yang menerima cahaya pagi dan cukup ruang untuk matras.

Namun, apabila latihan melibatkan banyak latihan intensitas tinggi, kita mungkin membutuhkan ruang tambahan untuk bergerak.

Peralatan besar seperti angkat beban, treadmill, atau sepeda stasioner juga membutuhkan ukuran luas yang lebih besar.

Baca juga: Bisa Dicoba, Melakukan Peregangan Sebelum Tidur

2. Berkreasilah dengan ruang yang tersedia

Cari area kosong di dalam rumah yang dapat memenuhi kebutuhan kebugaran kita.

Seorang desainer yang dari Studio Ten 25 yang berbasis di Dallas, Abbe Fenimore mengatakan, sudut di dekat lemari adalah tempat yang bagus untuk membuat ruang olahraga kecil.

Bahkan, tempat sempit seperti lorong atau area di belakang sofa bisa berfungsi jika kita sering melakukan gerakan aerobik yang lebih kecil atau latihan kekuatan sederhana.

"Pada dasarnya setiap area di rumah yang memungkinkan untuk gerakan ini dapat ditetapkan sebagai sudut latihan," ungkap Carole Malloy dari Josephine Design House.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X