Kompas.com - 03/03/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi mengenakan masker dan kacamata shutterstockIlustrasi mengenakan masker dan kacamata

KOMPAS.com - Tepat setahun sejak pandemi Covid-19 merebak, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan telah ditemukan dua kasus mutasi virus corona di Indonesia.

Mutasi tersebut ialah B.1.1.7 yang pertama kali terdeteksi di Inggris pada September tahun lalu. Para ilmuwan di sana memperkirakan varian baru ini lebih menular.

Varian B.1.1.7 memiliki 17 mutasi berbeda dalam kode genetiknya. Delapan dari mutasi itu terjadi di bagian kritis virus, yang disebut protein lonjakan.

Baca juga: Mengenal Mutasi dan Penularan Varian Baru Virus Corona, Apa Bedanya?

Para ilmuwan juga telah mempelajari beberapa mutasi pada B.1.1.7 dan mendapatkan sejumlah fakta. Berikut ulasannya.

1. Lebih menular

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para ilmuwan menemukan sebagian besar kasus baru Covid-19 di Inggris disebabkan oleh mutasi B.1.1.7. Ini menunjukkan varian baru lebih mudah menular.

"Belum ada bukti kuat, tetapi tampaknya ada kemungkinan besar," kata ahli biokimia Jeremy Luban dari University of Massachusetts Medical School.

"Jika seseorang yang sakit bersin di dalam bus, varian baru lebih mungkin menginfeksi orang lain daripada bentuk virus sebelumnya," tambah Luban.

Walau lebih mudah menular, para ilmuwan mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 akibat mutasi tergantung pada banyak faktor.

Salah satunya perilaku masyarakat dalam suatu komunitas. Misalnya apakah mereka memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan, dan menghindari pertemuan besar.

Halaman:


Sumber NPR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.