Kompas.com - 04/03/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi makanan shutterstockIlustrasi makanan

KOMPAS.com - Banyak orang yang tidak menyadari jika ternyata kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering dilakukan berdampak buruk bagi dirinya.

Malah ada beberapa kebiasaan yang tidak hanya berdampak ke kondisi fisik, tapi juga menyebabkan masalah mental seperti depresi.

Contohnya seperti tidak olahraga, pola makan yang buruk, atau begadang. Lebih lanjut, berikut penjelasan terkait kebiasaan yang menyebabkan masalah mental.

1. Mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan seperti keripik, kentang goreng, hot dog, dan makanan cepat saji lainnya mungkin terasa enak. Tapi terlalu sering mengonsumsinya dapat membuat perasaan menjadi sedih.

Penelitian analisis tahun 2013 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, semakin sehat pola makan seseorang, semakin rendah risiko dia terkena depresi.

Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan seseorang yang banyak mengonsumsi makanan olahan memiliki risiko depresi yang lebih tinggi.

Namun jenis kedua penelitian tersebut hanya menunjukkan hubungan antara pola makan yang tidak sehat dengan suasana hati yang lebih buruk.

Penelitian tidak membuktikan hubungan sebab-akibat. Kendati demikian, mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, ikan, dan biji-bijian memang jauh lebih baik.

Baca juga: Makanan Cepat Saji Bisa Bikin Bad Mood, Ini Penjelasannya

2. Terlalu sering menyendiri

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X