Kompas.com - 05/03/2021, 05:33 WIB
Ilustrasi pertemanan. FREEPIKIlustrasi pertemanan.

KOMPAS.com - Hubungan pertemanan sangat penting bagi kesejahteraan diri kita.

Seorang jurnalis sains dan penulis buku "Friendship", Lydia Denworth memaparkan tentang keterkaitan pertemanan terhadap kesehatan seseorang.

Pertemanan bisa membantu seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan kesehatan mental yang lebih baik.

Pertemanan sehat juga bisa membuat seseorang lebih cepat pulih dari sakit, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi depresi, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Namun, jika kita berada dalam lingkungan pertemanan tidak sehat, dampaknya tentu juga menjadi tidak baik bagi kesehatan kita.

Sayangnya, tidak seperti hubungan asmara, hubungan pertemanan sering kali sulit untuk diputuskan dan bisa terasa menyakitkan.

Tapi, jika hubungan pertemanan itu tidak sehat dan malah berbahaya bagi kesehatan kita, mengapa harus dipertahankan?

Ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat dari sebuah hubungan pertemanan dan apakah sudah masuk kategori pertemanan tidak sehat, di antaranya:

1. Kamu dituntut selalu ada

Umumnya kondisi ini terjadi pada perempuan.

Memang tak masalah untuk berharap sesuatu pada hubungan pertemananmu, tapi jika temanmu terus-menerus menuntut agar kamu tersedia untuknya 24 jam, cobalah pikirkan apa yang kamu rasakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X