Kompas.com - 08/03/2021, 12:44 WIB
ilustrasi bercermin shutterstockilustrasi bercermin
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Body image, atau juga disebut citra tubuh dapat memengaruhi aktivitas seksual.

Bagi seorang wanita, cara memandang tubuh bisa berdampak besar pada hasrat seksual dan kemampuan mereka untuk terangsang.

Pria juga dapat terpengaruh pada citra tubuh mereka, namun citra tubuh pada pria lebih sering tidak mengganggu fungsi seksualnya.

Menurut sebuah penelitian, citra tubuh yang negatif akan menghambat kenikmatan seksual, hasrat, dan daya tanggap pada wanita.

Ada dua jenis masalah citra tubuh yang memengaruhi wanita secara seksual, seperti dilansir Psychology Today, yaitu:

1. Bagaimana wanita melihat dirinya sendiri

Jika seorang wanita merasa tubuhnya tidak menarik, hal itu mengarah pada harga diri seksual yang lebih rendah, sehingga dia enggan diajak berhubungan seks.

Hal itu biasanya juga memengaruhi beberapa area siklus seksual, seperti hasrat, gairah, dan orgasme.

Semakin rendah seorang wanita memandang tubuhnya, dia akan semakin cemas jika dilihat dan disentuh pasangannya. Akibatnya, dia menjadi sulit untuk terangsang.

Kekhawatiran terhadap ukuran di bagian tubuhnya, seperti payudara, bokong atau berat badannya adalah prediktor terkuat yang menyulitkan tercapainya orgasme.

Baca juga: 7 Masalah yang Bikin Perempuan Sulit Orgasme Saat Bercinta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X