Kompas.com - 12/03/2021, 07:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir muncul berbagai macam jenis diet yang diklaim telah berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Meski demikian, diet ketat yang singkat ternyata dapat berdampak pada peningkatan berat badan dan menimbulkan masalah kesehatan jika dilakukan dengan tidak tepat.

Oleh sebab itu, pilihan terbaik untuk mengurangi berat badan secara permanen adalah melakukannya secara bertahap.

Banyak ahli yang juga mengatakan bahwa membuat perubahan sederhana pada gaya hidup menjadi kunci dalam menurunkan berat badan tanpa diet.

Berikut ini terdapat 10 strategi sederhana untuk membantu menurunkan berat badan tanpa melakukan diet seperti yang dilansir dari laman WebMD.

Baca juga: Diet Paleo Vs Diet Keto Mana yang Bertahan Jangka Panjang?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sarapan setiap hari

Salah satu kebiasaan yang umum terjadi pada banyak orang yang mengalami penurunan berat badan dan dapat mempertahankannya adalah sarapan setiap hari.

"Kita mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan merupakan cara yang bagus untuk mengurangi kalori. Tapi pikiran itu salah dan justru membuat kita makan lebih banyak sepanjang hari".

Begitu penuturan Elizabeth Ward, MS, RD, penulis The Pocket Idiot's Guide to the New Food Pyramids.

Menurut dia, orang-orang yang sarapan secara rutin memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada orang yang melewatkan sarapan.

Mereka juga berkinerja lebih baik di sekolah maupun di tempat bekerja. Kuncinya adalah memilih menu sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein.

Baca juga: Pentingnya Sarapan untuk Turunkan Berat Badan

2. Berhenti ngemil saat malam

Tetapkan waktu di mana kita akan berhenti makan, sehingga kita tidak akan ngemil sembarangan sambil menonton televisi saat larut malam.

"Minumlah secangkir teh, makan permen atau nikmati semangkuk kecil es krim ringan maupun yogurt setelah makan malam untuk mencegah lapar saat kita masih terjaga," kata ahli diet, Elaine Magee, MPH, RD.

Membiasakan langsung menyikat gigi setelah makan malam juga membuat kita malas ngemil.

Baca juga: Agar Tak Kambuh, Jam Berapa Pengidap Gerd Harus Makan Malam?

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.