Kompas.com - 01/04/2021, 09:09 WIB
Ilustrasi kekasih bosan dalam hubungan. SHUTTERSTOCKIlustrasi kekasih bosan dalam hubungan.

KOMPAS.com - Mungkin kita sudah tidak asing dengan istilah gaslighting di dalam sebuah hubungan. Tapi, tahukah apa sebenarnya itu gaslighting?

Secara singkat, gaslighting didefinisikan sebagai bentuk manipulasi psikologis berkelanjutan yang menyebabkan korban mempertanyakan atau meragukan kewarasan, penilaian, dan ingatannya.

"Intinya, gaslighting adalah pelecehan emosional," jelas seorang psikoterapis, Jeremy Bergen, MS, LCPC.

"Ini adalah taktik yang digunakan salah satu pasangan dalam upaya untuk mengerahkan kekuasaan, mendapatkan kendali, dan menimbulkan kerusakan emosional di pihak lain," sambung dia.

Baca juga: Pahami dan Waspadai Gaslighting dalam Hubungan Asmara...

Menurut Bergen, gaslighting adalah bentuk pelecehan emosional yang berbahaya karena menyebabkan kita mempertanyakan pengalaman kita, sehingga sulit untuk mengidentifikasi tanda-tanda peringatannya.

Kenali tandanya

Berikut ini terdapat beberapa tanda peringatan yang bisa menunjukkan bahwa pasangan kita sedang melakukan gaslighting.

Membuat kita mempertanyakan persepsi tentang realitas

Tanda utama gaslighting adalah pasangan selalu mengatakan apa yang kita lihat, alami, dan rasakan itu bukan sebuah fakta. Kita pun jadi mempertanyakan diri sendiri.

• Suka berbohong

Menurut Bergen, kebohongan pasangan dirancang untuk memanipulasi agar dia dapat mengendalikan kita.

Apabila dia mungkin membuat kita bersemangat, Bergen menyarankan kita untuk bertanya pada diri sendiri. Apakah dia secara konsisten membuat kita mempertanyakan pemikiran dan pengalaman tentang berbagai hal? Apakah kita menangkapnya dalam kebohongan?

Baca juga: Pasangan Gampang Cemburu, Pertanda Gangguan Narsistik

Halaman:


Sumber Brides
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X