Kompas.com - 09/04/2021, 09:07 WIB
Ayana Williams, pemilik kuku terpanjang di dunia, akhirnya memotong kukunya setelah 28 tahun. TANGKAP LAYAR GUINESS WORLD RECORDSAyana Williams, pemilik kuku terpanjang di dunia, akhirnya memotong kukunya setelah 28 tahun.

KOMPAS.com - Ayanna Williams, wanita asal Houston, Texas, pernah mendapatkan Rekor Dunia Guinness (Guinness World Records) untuk wanita dengan kuku terpanjang di dunia pada 2017.

Ketika itu, panjang kuku-kukunya mencapai lebih dari 5 meter. Dia memerlukan lebih dari dua botol cat kuku untuk melakukan manikur dan ini membutuhkan waktu sekitar 20 jam.

Williams akhirnya memotong kuku tersebut setelah mempertahankannya selama lebih dari 28 tahun.

Melansir laman Guiness World Records, sebelum memotong kukunya, pengukuran terakhir menunjukkan kuku-kukunya mencapai lebih dari 7,3 meter.

Trinity Vista Dermatology menggunakan rotary tool elektrik untuk memotong kuku yang sudah ditumbuhkannya sejak awal 1990-an itu.

Momen ini begitu emosional baginya. Meski begitu, Williams menegaskan, dirinya tidak dibentuk oleh kukunya, melainkan ialah yang menumbuhkan kukunya.

"Saya sudah menumbuhkan kuku ini selama beberapa dekade. Saya sangat siap untuk hidup yang baru."

"Saya tahu bakal merindukan kuku-kuku ini, tetapi ini cuma masalah waktu," ujarnya.

Baca juga: 4 Kiat agar Kuku Tak Gampang Patah dan Rapuh

Kuku Ayana Williams yang telah dipotong.TANGKAP LAYAR GUINESS WORLD RECORDS Kuku Ayana Williams yang telah dipotong.

Sejak kecil, ia sangat mencintai kuku dan seni merias kuku.

Williams punya kenangan bersama ibunya ketika mengecek apakah kukunya sudah cukup panjang untuk diwarnai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X