Kompas.com - 01/12/2020, 15:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Tak sedikit orang yang menaruh perhatian besar pada penampilan kukunya. Mulai dari memanjangkan kuku hingga menambahkan hiasan seperti nail art atau bahkan memakai kuku palsu.

Sayangnya, tidak semua kuku memiliki kondisi yang sama. Ada kuku yang mudah patah, rapuh, dan kaku.

Menurut Flora Kim, MD, FAAD, dokter kulit di Texas, Amerika Serikat, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi kuku kurang baik.

Sebut saja penggunaan kuku palsu, masalah genetik, malnutrisi, penyakit, dehidrasi, efek samping dari pengobatan, dan infeksi kuku.

Tapi di sisi lain, kiat-kiat tertentu diyakini dapat membuat kuku lebih kuat. Berikut ulasannya seperti diungkap Shape.

Baca juga: Warna Kuku Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Kita

1. Memakai minyak kutikula

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rutin memakai minyak kutikula dapat membuat kuku kuat dan sehat. Cara pemakaiannya adalah memijat minyak ke area matriks kuku yang berada di antara pangkal kuku dengan kulit.

"Memijatkan minyak kutikula ke area itu memberi nutrisi pada matriks yang merupakan akar kuku. Dengan begitu, saat tumbuh kuku menjadi lebih sehat,” ujar nail artist Pattie Yankee.

Yankee menyarankan untuk mencari minyak kutikula dengan formula yang mengandung jojoba dan almond. Jenis minyak ini biasanya memiliki molekul yang cukup kecil sehingga mampu menembus ke lempeng kuku.

Minyak jojoba cukup mudah untuk meresap ke dalam kulit. Sedangkan minyak almond dan safflower dapat menjaga kelembapan sehingga membantu memperkuat kuku agar tidak kering dan mengelupas.

Baca juga: Ketahuilah, Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku bagi Kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Shape
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.