Kompas.com - 13/04/2021, 20:57 WIB
Ilustrasi tidur MangoStar_StudioIlustrasi tidur
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain menahan lapar dan haus, puasa mengharuskan umat Islam untuk mengendalikan hawa nafsu.

Oleh karena itu, keluarnya air mani dapat membatalkan puasa jika dilakukan dengan sengaja. Lantas, bagaimana jika kita mengalami mimpi basah ketika tidur di waktu puasa?

Air mani yang keluar akibat mimpi basah bukan perbuatan yang disengaja, dan kita dapat tetap melanjutkan puasa. Meski demikian, mimpi basah bisa dicegah saat berpuasa.

Penyebab mimpi basah

Mimpi basah dipicu oleh kenaikan kadar hormon testosteron pada pria. Setelah tubuh memproduksi testosteron, kita dapat mengeluarkan air mani melalui proses ejakulasi.

Selama seorang pria masih memproduksi hormon tersebut, tubuh tetap dapat menghasilkan air mani kendati orang itu dalam keadaan tidur.

Artinya, baik remaja maupun pria dewasa bisa mengalami mimpi basah kendati tidak lagi berada pada masa puber.

Pada fase tidur rapid eye movement (REM), ada bagian otak tertentu yang tidak aktif, sehingga ketika kita memasuki fase tidur REM, otak akan mengabaikan "kegiatan" yang dilakukan penis.

Apabila kita kebetulan memimpikan hal yang erotis di fase tidur tersebut, kita dapat mengalami ejakulasi.

Baca juga: Benarkah Perempuan Bisa Mimpi Basah?

Mencegah mimpi basah saat puasa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X