Kompas.com - 14/04/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi flu. Flu menjadi salah satu penyebab hidung mampet. SHUTTERSTOCK/ PAULAPHOTOIlustrasi flu. Flu menjadi salah satu penyebab hidung mampet.

KOMPAS.com - Gejala-gejala yang menetap setelah sembuh dari Covid-19 ternyata juga dialami oleh mereka yang penyakitnya tergolong ringan.

Ada empat gejala umum yang dirasakan orang sekitar delapan bulan setelah terinfeksi Covid-19, menurut studi terbaru.

Gejala itu berupa kehilangan indra penciuman dan indra perasa, sesak napas, dan kelelahan.

Sekitar 1 dari 10 orang mengalami setidaknya satu gejala sedang hingga parah yang berdampak negatif pada kualitas hidup mereka.

"Meski Anda masih muda dan sebelumnya sehat, infeksi Covid-19 ringan dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang," kata penulis studi senior Charlotte Thalin, MD, di departemen ilmu klinis di Danderyd Hospital di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia.

Thalin dan tim peneliti melacak pengalaman terkait Covid-19 pada lebih dari 1.000 petugas kesehatan di Swedia selama setahun terakhir.

Hasil studi mereka dipublikasikan di Journal of the American Medical Association (JAMA).

Baca juga: Ahli: 2 hingga 6 Bulan Paska Negatif, Pasien Masih Bisa Alami Long Covid

Para peneliti tidak menemukan peningkatan masalah kognitif seperti gangguan memori atau konsentrasi yang sering disebut long-haul Covid-19 atau gejala jangka panjang pada partisipan.

Selain itu, peneliti juga tidak mengamati peningkatan risiko gejala jangka panjang setelah partisipan terinfeksi Covid-19 tanpa gejala.

Penelitian sebelumnya menemukan gejala jangka panjang yang parah, termasuk jantung berdebar-debar dan gangguan neurologis pada penderita Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X