Kompas.com - 15/04/2021, 08:38 WIB
Ilustrasi remaja ISTOCKPHOTO/FERLISTOCKPHOTOIlustrasi remaja

KOMPAS.com - Masa remaja memang masa-masa transisi anak mengalami banyak perubahan dalam hidupnya. Mulai dari perubahan yang ada dalam tubuhnya secara fisik hingga harus menghadapi emosi yang membingungkan.

Selama masa remaja, anak pada umumnya menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menemukan identitasnya. Mereka juga cenderung mencoba banyak hal baru, menemukan lingkungan dan tempat yang cocok untuknya.

Banyak orangtua yang mengaku agak sedikit bingung dengan tingkah anaknya karena bisa dengan cepat berubah-ubah. Jawaban untuk pertanyaan 'ada apa dengan anak saya?' adalah anak dalam masa remaja.

Inilah tanda dan cara anak mencari jati dirinya.

Baca juga: Media Sosial Jadi Rujukan Remaja untuk Dukungan Kesehatan Mental

1. Anak menjadi pemberontak

Perilaku memberontak merupakan cara anak untuk menunjukkan pemisahan dari orangtua dan figur otoritas lainnya. Anak ingin menegaskan dirinya dan menunjukkan bahwa ia bisa mengambil keputusan sendiri.

Menurut PsychCentral, mereka memberontak melawan otoritas, sambil berusaha membuat diri mereka diterima oleh teman sebayanya. Banyak remaja akan berusaha keras untuk melanggar aturan, hanya untuk menunjukkan bahwa mereka bisa.

Ilustrasi media sosial membuat stresHighwaystarz-Photography Ilustrasi media sosial membuat stres

2. Menggunakan simbol status

Remaja berusaha membangun identitasnya melalui simbol status. Mereka akan mengenakan pakaian dan memperoleh benda yang akan menjadikan mereka sebagai bagian dari suatu kelompok.

Bagi kebanyakan remaja, mengenakan pakaian yang tepat membantu mereka menunjukkan afiliasi dengan kelompok tertentu. Memiliki barang atau benda yang tepat sangat penting untuk harga diri mereka.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X