Kompas.com - 19/04/2021, 13:31 WIB
Land Rover Jaguar yang akan dipakai untuk mengangkut peti mati Pangeran Philip pada Sabtu (17/4/2021). Mobil ini difoto di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris, pada Rabu (14/4/2021). POOL PHOTO/STEVE PARSONS via APLand Rover Jaguar yang akan dipakai untuk mengangkut peti mati Pangeran Philip pada Sabtu (17/4/2021). Mobil ini difoto di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris, pada Rabu (14/4/2021).

KOMPAS.com - Prosesi pemakaman pendamping Ratu Elizabeth II, mendiang Duke of Edinburgh telah berlangsung pada hari Sabtu (17/4), dengan banyak aspek dari acara tersebut yang berbeda dari pemakaman kerajaan tradisional lainnya.

Dalam prosesi tersebut, Pangeran Philip diantar ke pemakamannya menggunakan Land Rover Defender TD5 130 sebagai mobil jenazahnya, yang dia rancang selama 16 tahun.

Bagi orang-orang yang dekat dengan keluarga kerajaan, sudah tidak mengherankan lagi apabila Pangeran Philip sangat mencintai Land Rover tersebut dan mengemudikannya hampir di sepanjang hidupnya.

Mobil Land Rover Defender itu membawa peti jenazah Pangeran Philip melintasi halaman kastil Windsor menuju ke tempat kebaktian akan berlangsung di Kapel St.George.

Baca juga: 5 Fakta Menarik St George Chapel, Tempat Peristirahatan Terakhir Pangeran Philip

Dirancang selama 16 tahun

Menurut Sky News, Land Rover itu mulai dirancang pada tahun 2003 di sebuah pabrik di Solihull, Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada usia 82 tahun, Pangeran Philip mulai memodifikasi kendaraan yang bekerja sama dengan perusahaan Land Rover.

Dia mengecatnya kembali dengan warna hijau perunggu tua. Hijau dipilihnya sebagai warna yang signifikan dan merepresentasikan kemiliteran karena dia pernah menjabat sebagai perwira di Angkatan Laut Kerajaan Inggris selama Perang Dunia II.

Land Rover juga memiliki bagian belakang terbuka khusus yang dirancang untuk mengamankan peti mati.

Detail akhir dari modifikasi mobil tersebut akhirnya selesai pada 2019 ketika Pangeran Philip berusia 98 tahun.

Kepala eksekutif Jaguar Land Rover, Thierry Bollore mengatakan kepada Sky News, bahwa perusahaan itu sangat beruntung telah memiliki hubungan yang sangat lama dan bahagia dengan Duke of Edinburgh selama beberapa dekade.

Baca juga: Makna Kalung Mutiara Kate Middleton di Pemakaman Pangeran Philip

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.