Kompas.com - 04/05/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Kabar perceraian Bill Gates kembali membuktikan usia pernikahan bukan jaminan rumah tangga bahagia sampai akhir hayat.

Pendiri Microsoft ini membangun rumah tangga bersama istrinya, Melinda Gates sejak 1994. Hubungan yang sudah berusia 27 tahun itu kemudian menghasilkan tiga orang anak.

Kehidupan rumah tangga mereka terlihat berbahagia dengan harta melimpah dan tidak pernah diterpa isu miring. Nyatanya, keduanya memutuskan berpisah di tengah imej harmonis tersebut.

Risiko perceraian sebenarnya tidak turun dengan semakin panjangnya usia pernikahan yang kita jalani. Tua atau muda, semuanya bisa saja tak sejalan lagi dengan pasangannya dan memutuskan bercerai.

Baca juga: Usia, Pekerjaan, dan Pendidikan Berpengaruh pada Perceraian, Mengapa?

Ada banyak pasangan senior yang terbukti tak sanggup mempertahankan mahligai pernikahannya. Kasus di dalam negeri misalnya Hotma Sitompul dan Desiree Tarigan.

Randy Kessler, pengacara pernikahan yang berbasis di Atlanta menyebutkan pernah mengurus perpisahan orang yang berusia 80 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya sudah melihat pasangan berusia puluhan tahun dan belasan tahun berpisah," ujar pria yang berpengalaman lebih dari 30 tahun ini.

Meski demikian, panjangnya usia pernikahan bisa menghadirkan risiko perceraian yang berbeda.

Baca juga: Waspadai, Masalah yang Muncul di Usia Pernikahan 10 Tahun atau Lebih

  • Usia 1 sampai 2 tahun pernikahan

Risiko perpisahaan saat masih berstatus pengantin baru cenderung tinggi. Pasangan di tahun pertama masih memiliki banyak perbedaan dan mudah memutuskan untuk berpisah.

Penelitian membuktkan kebanyakan pernikahan gagal dalam dua tahun pertama, hingga 10 persen. Data dari 11.000 kasus perceraian, para peneliti menyimpulkan bahwa pria lebih mungkin berselingkuh selama fase ini yang menjadi salah satu alasan perceraian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.