Kompas.com - 29/04/2021, 15:45 WIB
Ilustrasi pasangan shutterstockIlustrasi pasangan

KOMPAS.com - Beda usia yang jauh diantara pasangan bisa menimbulkan berbagai konflik dalam pernikahan. Namun ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memastikan pernikahan tetap bahagia dan harmonis.

Perbedaan usia, khususnya lebih dari sepuluh tahun, sering menciptakan jurang pembatas dalam pernikahan. Hal ini mungkin tidak kita sadari ketika masih berpacaran atau awal pernikahan.

Namun seiring berjalannya waktu, berbagai perbedaan yang didasarkan usia tersebut mulai muncul dan menjadi akar masalah. Akan tetapi, bukan berarti ini akan menjadi akhir dari pernikahan yang kita miliki.

Kita bisa belajar dari banyak pasangan yang berhasil berkompromi atas perbedaan usianya yang jauh ini.

Rachel A. Sussman, terapis pernikahan berlisensi di Amerika Serikat mengatakan perbedaan itu bisa diselesaikan dengan sikap terbuka dan selera humor.

"Pasangan lebih muda yang bersikap lebih dewasa dan pasangan lebih tua yang memiliki jiwa muda bisa jadi kombinasi yang lebih baik" ujarnya.

Menurutnya, kesamaan adalah kunci untuk hubungan yang berjalan baik. Jika ada perbedaan usia yang cukup jauh maka kita perlu memperbanyak kesamaan lainnya.

Baca juga: Jarak Usia Pasangan Terpaut Jauh, Bisa Jadi Masalah Pernikahan?

Dikutip dari laman Insider, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pernikahan yang harmonis meski memiliki beda usia yang cukup jauh yaitu:

  • Setuju untuk tidak setuju

Pasangan yang terpaut usia cukup jauh perlu belajar untuk setuju akan ketidaksamaan yang mereka miliki. Misalnya saja selera musik, makanan atau jenis hiburan yang dinikmati.

Kuncinya adalah sering bernegosiasi dan menemukan pengaturan yang sama, mendekati win-win solution.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X