Kompas.com - 07/05/2021, 20:37 WIB
Jika dilatih, kucing juga bisa menjadi binatang yang penurut. PIXABAY/MAJA CVETOJEVICJika dilatih, kucing juga bisa menjadi binatang yang penurut.

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa anjing adalah binatang yang penurut. Lalu, bagaimana dengan kucing?

Melansir berbagai sumber, kucing adalah binatang yang cenderung lebih merdeka dan tidak terlalu sosial seperti anjing. Jadi, kucing sebetulnya tidak terlalu mendambakan pujian seperti anjing.

Tapi, kucing juga makhluk yang cerdas dan punya kemampuan untuk mempelajari berbagai perilaku dan trik, termasuk jika pemiliknya ingin kucingnya jadi peliharaan yang penurut.

Sebelumnya, ketahui dulu apa manfaat melatih kucing jadi penurut? Berikut beberapa di antaranya:

  • Membangun ikatan yang kuat antara kucing dan kita. Sebab, sesi melatih akan membuat kucing paham siapa yang bertanggung jawab. Ketika dilatih, kucing belajar untuk memenuhi perintah kita terlebih dahulu untuk mendapatkan yang diinginkannya.
  • Membuat otak kucing tetap aktif dan terstimulasi.
  • Mengajari kucing skill perilaku sosial yang baik.
  • Kucing yang punya kecemasan dapat ditenangkan dengan rutinitas pelatihan dan pengulangan.

Baca juga: Suka Menengok Saat Dipanggil, Apakah Kucing Paham Perintah Manusia?

Membuat kucing jadi penurut

Oke, kita sudah mengetahui sejumlah manfaatnya.

Lalu, bagaimana cara bikin kucing jadi penurut?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada dua metode yang umum dilakukan, yakni:

  • Target training

Ini adalah latihan dengan cara menarik perhatian kucing kemudian mendapatkan perilaku yang diinginkan melalui penggunaan alat khusus.

Misalnya, jika memberi perintah 'tolong', alat khusus yang disebut tongkat pelatihan digunakan untuk menarik perhatian kucing ke atas dan untuk mendorong kucing untuk bangkit berdiri dan "mengemis".

  • Clicker training

Ini adalah bentuk pengondisian di mana kucing diajari untuk membentuk asosiasi sadar antara perilaku tertentu dan hasil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X