Kompas.com - Diperbarui 05/10/2022, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Kucing yang buang air besar (BAB) sembarangan tentu bikin pusing pemiliknya. Apalagi jika kucing sudah diatih untuk BAB di kotak pasir.

Masalah ini banyak dialami para pemilik kucing. Untuk mengatasinya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu alasan kenapa kucing BAB sembarangan.

Penyebab kucing BAB sembarangan

Melansir the Spruce Pets, ketika kucing BAB di luar kotak pasir, di mana pun itu, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Masalah medis

Sebelum menyimpulkannya sebagai masalah perilaku, cobalah pergi ke dokter hewan untuk memeriksakan kondisi medis kucing peliharaanmu.

Tes laboratorium dan/atau rontgen mungkin juga diperlukan.

Beberapa masalah medis sederhana yang mungkin terjadi seperti konstipasi, yang membuat kucing BAB sembarangan. Jika itu penyebabnya, mungkin saja kucing tidak BAB di kotak pasir karena terburu-buru.

Rasa nyeri atau ketidaknyamanan juga bisa jadi penyebab kucing BAB sembarangan.

Misalnya, kucing mungkin kesulitan untuk masuk dan keluar dari kotak pasir sehingga tidak punya cukup waktu untuk melompat ke situ ketika ingin BAB.

Ada sejumlah potensi masalah medis yang mungkin terjadi. Kita perlu diagnosis dari dokter hewan untuk menemukan penyebab pastinya dan solusinya.

  • Masalah perilaku

Jika kucing sudah dinyatakan sehat secara medis oleh dokter, barulah kita bisa menduga itu adalah masalah perilaku.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.