PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

4 Rekomendasi Asupan Vitamin Harian untuk Pemilik Kulit Kering

Kompas.com - 10/05/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi minum vitamin untuk kulit. ShutterstockIlustrasi minum vitamin untuk kulit.

KOMPAS.comKulit kering merupakan salah satu persoalan yang tidak diinginkan oleh banyak perempuan. Selain membuat tampilan kulit tidak indah, keluhan kulit kering, seperti kulit bersisik, pecah-pecah, dan gatal kerap membuat tidak nyaman.

Selain itu, saat menggunakan make up, kulit kering bisa membuat hasil riasan tidak bertahan lama. Pasalnya, ketika tertimpa alas bedak, riasan akan mengalami retak (cracking) karena tekstur kulit kasar dan mengelupas.

Riasan dapat tampak mulus dengan mengakalinya menggunakan primer. Namun, akan lebih baik jika masalah kulit kering diobati terlebih dahulu daripada sekadar ditutupi riasan.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa kulit kering dapat disebabkan faktor genetik. Ada beberapa orang yang pada dasarnya memang memiliki kadar minyak lebih sedikit pada kulit. 

Faktor lainnya adalah gaya hidup. Kulit kering juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin dalam tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan vitamin harian dalam tubuh agar kulit tidak kering. Berikut rekomendasinya.

1. Vitamin A

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin A merupakan salah satu unsur utama yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan kulit. Ketika memiliki cukup asupan vitamin A, tubuh akan tetap terhidrasi sehingga kulit tetap lembap dan tidak mengelupas.

Dengan asupan vitamin A yang cukup, kulit dapat tetap kencang dan terjaga elastisitasnya. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau, jeruk, wortel, dan telur.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B6, dapat memberikan perlindungan maksimal agar kulit terhindar dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu, vitamin B juga dapat mencegah terjadinya kulit kering.

Asupan vitamin B bisa kamu dapatkan pada daging ayam, telur, dan oatmeal. Jika dikonsumsi secara rutin, vitamin ini juga mampu meregenerasi sel-sel kulit mati dengan cepat sehingga kulit tetap cantik dan awet muda.

3. Vitamin C

Sebagai vitamin yang memiliki segudang manfaat, vitamin C juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kusam, keriput, dan kering.

Selain itu, vitamin C juga membantu penyembuhan luka dan menangkal tanda-tanda penuaan dini karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Cukupi kebutuhan asupan vitamin C kamu dengan mengonsumsi jeruk, brokoli, bayam, dan jambu.

Selain lewat makanan, vitamin C juga bisa kamu dapatkan dari produk perawatan kulit (skincare), misalnya produk perawatan clean beauty yang baik untuk kulit.

Baca juga: Semakin Diminati, Yuk Kenali Tren “Clean Beauty”

Selain cocok untuk kulit kering, produk perawatan clean beauty juga memiliki kandungan yang aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Biasanya produk-produk dengan jenis clean beauty tidak memiliki kandungan paraben, pewarna, pewangi, dan bahan-bahan lain yang berbahaya bagi kulit.

4. Vitamin D

Selain dikenal bermanfaat untuk memperkuat dan menyehatkan tulang, vitamin D juga memiliki nutrisi yang baik bagi penderita peradangan kulit bersisik dengan ruam merah (psoriasis).

Rutin berjemur di pagi hari dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D dipercaya dapat mengatasi masalah kulit tersebut.

Adapun makanan dan minuman yang mengandung vitamin D, yaitu sereal, salmon, tuna, jeruk, dan yoghurt.

Jika dibutuhkan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D agar kulit lebih terhidrasi. Imbangi pula dengan menggunakan pelembap untuk mencegah kulit mengelupas dan timbulnya rasa gatal.

Selain mengonsumsi asupan yang kaya akan empat vitamin tersebut, kulit kering juga bisa diatasi dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit kering yang terbukti aman bagi kulit dan lingkungan. Salah satunya, rangkaian produk perawatan tubuh dan wajah dari Martha Tilaar.

Baca juga: Susah-Susah Gampang Pilih Skincare yang Cocok, Simak Tipnya!

Sebagai informasi, seluruh rangkaian produk Martha Tilaar mengedepankan konsep clean beauty atau ramah di kulit dan lingkungan. Hal ini terbukti dengan tidak adanya pengujian produk pada hewan, bebas paraben, dan sudah teruji klinis.

Selain itu, seluruh produk Martha Tilaar dijamin 100 persen halal sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kualitasnya.

Pada bulan Mei yang penuh berkah, brand dengan slogan “choose to be optimista” itu mengajak kamu agar tetap optimis dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Oleh sebab itu, agar Ramadhan semakin berkesan, Martha Tilaar memberikan penawaran khusus berupa diskon menarik di Ramadan Fair yang juga berhadiah Mystery Box.

Untuk mendapatkan diskon dan hadiah tersebut, kamu dapat membeli produk khusus kulit kering dari Martha Tilaar melalui Martha Tilaar Shop. Penawaran menarik ini bisa kamu dapatkan secara eksklusif di www.marthatilaarshop.com hingga 23 Mei 2021.

Jangan lewatkan penawaran menariknya dan ucapkan selamat tinggal pada kulit keringmu!

chat & buy

Tanya di sini Chat & buy.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.