Kompas.com - 25/05/2021, 16:10 WIB
Direktur PT.H.M Sampoerna, Elvira Lianita. Dok SampoernaDirektur PT.H.M Sampoerna, Elvira Lianita.

KOMPAS.com – Dididik oleh orangtua yang meyakinkannya bahwa perempuan bisa menjadi apa pun, Elvira Lianita sukses meraih posisi sebagai direktur di PT. H.M Sampoerna.

Karier Elvira dimulai sebagai penyiar radio di Kota Surabaya, Jawa Timur di tahun 1993. Ia kemudian masuk ke dunia korporat dengan menjadi Public Relation di sebuah hotel, lalu pindah ke Philip Moris Indonesia (PMID) sebagai manajer program komunitas.

Jika sebelumnya ia hanya betah bertahan di suatu kantor tak lebih dari dua tahun, di PIMD yang akhirnya menjadi PT.HM Sampoerna, Elvira bertahan sampai sekarang sudah lebih dari 20 tahun.

“Ternyata culture yang dibina Philips Moris dan Sampoerna sangat cocok dengan saya. Di sini ditekankan kesetaraan. Apa pun gender kita, diberi kesempatan yang sama. Semua berdasarkan meritokrasi,” ujar Elvira dalam wawancara virual terbatas dengan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ciptakan Lingkungan Kerja yang Inklusif dan Inovatif, Sampoerna Raih Top Employer Indonesia 2021

Meritokrasi merupakan sebuah konsep yang menekankan bahwa kesuksesan adalah buah dari kinerja dan kerja keras masing-masing individu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi bukan hanya senioritas, tapi terukur dari kinerja dan kontribusi kepada organisasi. Itulah kenapa akhirnya saya bisa bertahan di sini sampai 20 tahun,” ujarnya.

Didikan ibu tunggal

Elvira yang merupakan bungsu dari enam bersaudara, dibesarkan oleh seorang ibu tunggal yang memberikan kesempatan pendidikan dan kebebasan yang sama pada anak-anaknya, baik laki-laki atau perempuan.

“Itu adalah dorongan yang menunjukkan bahwa perempuan bisa jadi apa pun. Walau belum mengenal kesetaraan gender, tapi ibu saya secara natural memperlakukan anak-anaknya sama,” katanya.

Ia pun merasa beruntung karena lingkungan kerjanya sangat mendukung kesetaraan gender dan menghargai perbedaan. Perusahaan yang menghargai perbedaan, imbuhnya, cenderung lebih berhasil.

“Apakah itu perbedaan gender, cara berpikir, atau pendidikan. Keberbedaan ini akan mendorong kinerja perusahaan,” kata perempuan yang menjadikan nonton film dan membaca sebagai "me time" ini..

Baca juga: 10 Negara dengan Kesetaraan Gender Terbaik

Direktur PT.H.M Sampoerna, Elvira Lianita.Dok Sampoerna Direktur PT.H.M Sampoerna, Elvira Lianita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.