Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mudah Hilangkan Komedo dengan Bahan yang Ada di Rumah

Kompas.com - 05/06/2021, 20:37 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komedo merupakan cikal bakal tumbuhnya jerawat, dimana pori-pori kulit kita tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. 

Munculnya komedo pada kulit wajah memang menyebalkan. Padahal kita sudah merawat kulit wajah sebaik mungkin, tetapi tetap saja permasalahan kulit yang satu ini muncul.

Alexander Dane, DO, Affiliated Dermatologists & Dermatologic Surgeons, di Morristown, New Jersey, memberikan beberapa pilihan alternatif menghilangkan komedo di rumah:

1. Gunakan baking soda dan air

Baking soda adalah salah satu bahan dapur yang umum dan biasanya tersedia di rumah kita.

Dr. Dane mengatakan baking soda dapat membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin dimiliki kulit, serta bekerja sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Untuk penggunaan pada komedo, kita bisa campurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air bersama-sama untuk membentuknya seperti adonan.

Lalu oleskan dan pijat adonan yang telah kita buat ke wajah, setelahnya, bilaslah dengan air hangat, dan pastikan untuk melembabkan wajah kita sesudahnya.

Campuran baking soda ini bisa membuat kulit kering, jadi jangan menggunakannya lebih dari dua atau tiga kali dalam seminggu. 

2. Eksfoliasi kulit menggunakan gula merah, madu, dan lemon

Kita bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah kita seperti campuran gula merah, madu, dan lemon untuk mengeksfoliasi kulit kita.

Dr. Dane merekomendasikan kita untuk mencampur satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu.

Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar, pijat selama lima menit sebelum membilasnya dan tak lupa untuk mengoleskan pelembab ke wajah kita.

Baca juga: 8 Macam Perawatan Rumahan untuk Hilangkan Komedo, Sudah Tahu?

3. Gunakan tea tree oil

Para ahli mengatakan kita dapat mengoleskan tea tree oil langsung ke daerah yang muncul komedo, untuk membantu mengurangi komedo di dagu dan hidung. Tea tree oil ini dapat membunuh bakteri di kulit, penyebab munculnya komedo. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com