Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Mudah Hilangkan Komedo dengan Bahan yang Ada di Rumah

KOMPAS.com - Komedo merupakan cikal bakal tumbuhnya jerawat, dimana pori-pori kulit kita tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. 

Munculnya komedo pada kulit wajah memang menyebalkan. Padahal kita sudah merawat kulit wajah sebaik mungkin, tetapi tetap saja permasalahan kulit yang satu ini muncul.

Alexander Dane, DO, Affiliated Dermatologists & Dermatologic Surgeons, di Morristown, New Jersey, memberikan beberapa pilihan alternatif menghilangkan komedo di rumah:

1. Gunakan baking soda dan air

Baking soda adalah salah satu bahan dapur yang umum dan biasanya tersedia di rumah kita.

Dr. Dane mengatakan baking soda dapat membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin dimiliki kulit, serta bekerja sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Untuk penggunaan pada komedo, kita bisa campurkan dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air bersama-sama untuk membentuknya seperti adonan.

Lalu oleskan dan pijat adonan yang telah kita buat ke wajah, setelahnya, bilaslah dengan air hangat, dan pastikan untuk melembabkan wajah kita sesudahnya.

Campuran baking soda ini bisa membuat kulit kering, jadi jangan menggunakannya lebih dari dua atau tiga kali dalam seminggu. 

2. Eksfoliasi kulit menggunakan gula merah, madu, dan lemon

Kita bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah kita seperti campuran gula merah, madu, dan lemon untuk mengeksfoliasi kulit kita.

Dr. Dane merekomendasikan kita untuk mencampur satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu.

Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar, pijat selama lima menit sebelum membilasnya dan tak lupa untuk mengoleskan pelembab ke wajah kita.

3. Gunakan tea tree oil

Para ahli mengatakan kita dapat mengoleskan tea tree oil langsung ke daerah yang muncul komedo, untuk membantu mengurangi komedo di dagu dan hidung. Tea tree oil ini dapat membunuh bakteri di kulit, penyebab munculnya komedo. 

4. Gunakan kunyit kasturi

“Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasinya,” kata dr. Dane.

Namun, kunyit bisa menodai kulit wajah kita karena warna kuning terangnya. Tapi jika kita menggunakan kunyit kasturi, kita bisa menghindari warna yang kemungkinan menempel di kulit wajah.

Cara penggunaannya, kita bisa ambil satu sendok makan kunyit kasturi dan campur dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuknya menjadi adonan, lalu oleskan ke wajah kita dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas. 

5. Buat lulur alami dengan menggunakan minyak kelapa dan gula

Perlu diketahui bahwa komedo tak hanya muncul di kulit wajah saja, namun komedo juga terdapat di bagian tubuh lainnya. Untuk itu, kita perlu mengeksfoliasi kulit kita secara keseluruhan agar komedo hilang.

Whitney Bowe, MD, seorang dokter kulit di New York City mengatakan bahwa eksfoliasi kulit bisa membantu membersihkan sel-sel kulit mati.

Bowe merekomendasikan kita untuk membuat lulur sendiri di rumah, hanya dengan mencampur minyak kelapa dan gula. 

6. Gunakan susu dan madu sebagai alternatif pore strip

Pore strip adalah penghilang komedo yang cukup populer, tetapi ternyata kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan susu dan madu.

"Susu mengandung asam laktat, yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan minyak, sedangkan madu bersifat antibakteri," kata Dr. Dane.

Untuk membuat pore strip buatan sendiri, kita bisa mencampurkan satu sendok makan susu murni dengan satu sendok makan madu mentah organik, kemudian masukkan ke dalam microwave selama sekitar 10 detik.

Setelahnya, biarkan campuran tersebut hingga cukup dinging. Jika sudah dingin, kita bisa mulai mengoleskannya ke area wajah yang terdapat komedo dan letakkan strip kapas bersih di atasnya.

Lalu, diamkan sekitar 15 menit, tarik kapas dengan lembut, bilas dan lembabkan wajah kita dengan moisturizer.

7. Gunakan teh hijau

Kali ini, teh hijau bukan untuk diminum, melainkan dioleskan ke wajah. Dr. Dane mengatakan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak kulit (sebum) dan bekerja sebagai antioksidan.

Untuk penggunaannya, campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air dan pijat ke daerah yang terdapat komedo selama tiga menit.

Setelah itu, kita bisa membilas wajah kita dan mengoleskannya dengan pelembab.

Perawatan teh hijau ini dapat digunakan dua atau tiga kali dalam seminggu. 

8. Membuat face mask dengan putih telur

Jika kita kehabisan face mask atau masker wajah di rumah, kita bisa membuat face mask sendiri dengan menggunakan putih telur dan tisu.

Cara membuatnya, pertama, kocok putih telur dan oleskan ke kulit kita yang sudah dibersihkan. Kemudian, lapisi tisu di atas wajah kita, usahakan untuk tidak kena mata atau mulut. 

Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit dan kita bisa melepaskannya. Face mask putih telur ini baik untuk kulit berjerawat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/05/203749920/8-cara-mudah-hilangkan-komedo-dengan-bahan-yang-ada-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke