Kompas.com - 09/06/2021, 16:58 WIB
Ilustrasi anjing dan nanas shutterstockIlustrasi anjing dan nanas
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa dari kita kerap membagikan makanan yang sedang kita makan kepada peliharaan seperti anjing atau kucing.

Tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan manusia baik untuk anjing atau kucing, bahkan buah dan sayuran yang paling sehat sekalipun.

Begitu pula dengan buah nanas yang menyegarkan. Meskipun beberapa sayur dan buah aman untuk anjing, namun apakah nanas aman untuk peliharaan kita itu?

Karen Overall, VMD, associate professor di Atlantic Veterinary College di Prince Edward Island, Kanada, berpendapat bahwa anjing boleh mengonsumsi buah nanas.

Pendapat ini juga didukung oleh Erin Anderson, dokter hewan di DVM Pets First Animal Hospital di Richmond, Virginia.

Baca juga: Beracun, Jangan Berikan Makanan dan Minuman Ini untuk Anjing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anderson mengatakan bahwa nanas bukanlah makanan yang memiliki kandungan racun spesifik untuk anjing. 

Meski begitu, beberapa bagian nanas dapat menimbulkan resiko kesehatan, khususnya untuk anjing kecil atau jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

“Bagian yang lebih berserat seperti kulit dan batang secara teoritis dapat menyebabkan obstruksi gastrointestinal jika cukup banyak dimakan oleh anjing yang masih kecil,” kata Anderson.

Ini berarti ada baiknya untuk membuang batang, daun, mahkota, inti, dan kulit nanas sebelum memberikan buah ini kepada anjing. Sementara daging nanas mungkin aman untuk dimakan anjing.

Baca juga: Inilah 6 Alasan Anjing Makan Rumput



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.