Kompas.com - 09/06/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi anjing makan rumput. SHUTTERSTOCK/SUPTARIlustrasi anjing makan rumput.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya kucing, ternyata anjing pun kadang makan rumput juga. Hampir 80 persen anjing yang memiliki akses atau dekat dengan rumput, ternyata sesekali akan memakannya.

Namun, para peneliti masih belum tahu persis mengapa anjing memakan rumput. Ada teori yang menyebutkan bahwa ini dikarenakan anjing ingin menyingkirkan cacing atau menenangkan kecemasannya.

Berikut ini adalah 6 alasan mengapa anjing kita makan rumput:

1. Membutuhkan lebih banyak serat

Beberapa ahli percaya bahwa anjing yang mengonsumsi rumput mungkin saja membutuhkan komponen nutrisi seperti serat.

Jeannine Berger, DVM, Wakil Presiden Senior Penyelamatan dan Kesejahteraan di San Francisco SPCA mengungkapkan, rumput mungkin saja mengandung elemen atau vitamin yang tidak terdapat dalam makanan anjing.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa anjing dengan makanan rendah serat, akan makan lebih banyak rumput. Namun, ada beberapa bukti anjing berhenti makan rumput ketika pemiliknya memberinya makanan berserat tinggi,"

Demikia penjelasan Nicholas Dodman, BVMS, DACVB, presiden Pusat Studi Perilaku Anjing di Amerika Serikat.

Jika anjing tidak mendapatkan cukup serat, dia mungkin menunjukkan gejala seperti:

  • Diare
  • Sembelit
  • Kelenjar anal tersumbat, yang dapat menyebabkan anjing menggaruk bagian belakangnya di karpet atau mengeluarkan bau busuk
  • Kegemukan

Jika kita melihat tanda-tanda ini bersamaan dengan anjing yang memakan rumput, cobalah untuk membicarakan hal ini dengan dokter hewan.

Baca juga: Kenali, 9 Macam Pemicu Bersin pada Anjing

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X