Kompas.com - 10/06/2021, 17:26 WIB
Beberapa produk perawatan kulit yang mendapat label Clean at Sephora. Instagram/SephoraBeberapa produk perawatan kulit yang mendapat label Clean at Sephora.

KOMPAS.com – Saat ini sudah bukan eranya lagi tak peduli pada keamanan produk-produk perawatan kulit yang dipakai. Idealnya produk itu bukan cuma aman untuk kesehatan tapi juga lingkungan.

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mendapatkan produk tersebut adalah memeriksa secara teliti apa saja kandungannya dengan membaca label atau melakukan riset di internet.

Sayangnya tak semua orang mau melakukannya, apalagi pengetahuan kita tentang mana zat yang bisa berbahaya, toksik, atau tidak aman untuk lingkungan, juga terbatas.

Tantangan tersebut dijawab oleh ritel kecantikan global Sephora yang meluncurkan kampanye Clean at Sephora, yakni inisiatif pemberian label pada lebih dari 2.000 produk yang dijualnya yang bebas dari bahan-bahan yang dianggap tidak aman atau masih kontroversial.

Baca juga: Clean Beauty, Tren Penggunaan Skincare yang Aman

Bahan-bahan yang dimaksud antara lain sulfates, paraben, formaldehyde, phthalet, hydroquinome, mineral oil, coal tar, parfum sintetis yang tidak terdaftar, dan masih banyak lagi.

Melalui kampanye Clean at Sephora, produk-produk perawatan kulit dan tubuh yang memiliki segel hijau bertuliskan “Clean” maka berarti produk itu bebas dari bahan-bahan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsep baru toko kosmetik global Sephora di mal Grand Indonesia Jakarta.Dok Sephora Konsep baru toko kosmetik global Sephora di mal Grand Indonesia Jakarta.

Produk yang telah dikurasi itu tidak hanya skincare, tapi juga perawatan rambut, makeup, hingga parfum.

Kendati begitu, perlu dipahami bahwa saat ini belum ada aturan formal dari badan berwenang tentang stadar “clean” pada produk kecantikan.

Dengan kata lain, setiap merek bisa saja membuat klaim “clean” pada produknya, seperti halnya klaim “natural” atau “vegan”.

Namun, jika kita ingin menghindari zat-zat yang masih kontroversial itu pada kulit, tak ada ruginya memilih produk-produk berkategori “clean” dari Sephora ini.

Baca juga: Perawatan Kulit yang Akan Jadi Tren di 2021, Apa Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.