Kompas.com - 14/06/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi menggoreng daging menggunakan air fryer. SHUTTERSTOCK/ADISORN KONGPRASERTIlustrasi menggoreng daging menggunakan air fryer.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Popularitas air fryer akhir-akhir ini mulai meningkat sejak banyaknya klaim bahwa kita dapat menikmati makanan yang digoreng dengan lebih sehat.

Alasannya, air fryer dianggap dapat membantu kita menyiapkan makanan dengan lebih sedikit minyak daripada teknik menggoreng pada umumnya.

Bahkan, ahli diet dan pendiri Sammi Brondo Nutrition, Sammi Haber Brondo pun mengungkapkan bahwa dia juga sedang terobsesi dengan air fryer miliknya.

"Ini cara cepat untuk memasak hampir semua hal dan selalu memberikan hasil yang baik," katanya.

Koki dan ahli diet yang berbasis di New York City, Abbie Gellman mengatakan bahwa air fryer pada dasarnya adalah oven konveksi. Namun, kipas yang mengedarkan udara berputar lebih cepat.

Air fryer juga dapat memasak makanan dengan lebih cepat dan menghemat energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena makanan ditempatkan dalam keranjang berlubang, udara dapat bersirkulasi ke semua bagian makanan dan memasak dengan kecepatan yang kira-kira sama," terangnya.

Itulah sebabnya air fryer menghasilkan tekstur yang renyah setara dengan menggoreng deep frying.

Baca juga: Benarkah Air Fryer Menghasilkan Makanan yang Lebih Sehat?

Menjadi tren

Air fryer sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010, ketika perusahaan yang berfokus pada teknologi, Philips, meluncurkan alat ini untuk pertama kali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.