Kompas.com - 18/06/2021, 17:16 WIB
Menurunkan masker ketika berbicara dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. SHUTTERSTOCK/JANON STOCKMenurunkan masker ketika berbicara dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

KOMPAS.com - Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat kita harus semakin memperketat protokol kesehatan, terutama disiplin menggunakan masker.

Apalagi, varian baru Covid-19 yang mulai bermunculan di Indonesia seperti varian Delta (B.1617.2) dapat bertransmisi dengan sangat cepat.

Dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog, Dr Dirga Sakti Rambe Msc, SpPD tidak merekomendasikan kita untuk memakai masker kain saat berpergian ke luar rumah.

Sebab, menurut dia, masker kain dinilai tidak efektif dalam melindungi kita dari paparan varian baru Covid-19.

"Sekarang kita tidak bisa hanya menggunakan masker kain atau scuba," katanya saat virtual Media Briefing Bersama SOS Personal Hygiene, Kamis (17/6).

Baca juga: Cegah Covid-19, Apa Beda Masker Kain, Medis, FFP2, N95, dan KN95?

"Apabila ingin tetap menggunakan masker kain, sebaiknya dilapisi dengan masker surgical di bawahnya," tambah dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirga juga menganjurkan agar kita mengganti masker setiap enam jam sekali. Bahkan, kalau dalam waktu satu jam masker sudah basah dan kotor harus segera diganti.

"Kalau kain sudah mulai basah dan kotor itu waktunya untuk diganti supaya kita mendapatkan perlindungan yang maksimal," terangnya.

Di samping menggunakan masker yang berkualitas, kita perlu berhati-hati saat ingin melepaskan masker, khususnya di tempat yang ramai kerumunan.

"Jadi, sebisa mungkin, kita melepaskan masker jika memang benar-benar diperlukan seperti saat sedang makan," sarannya.

Baca juga: Satgas Covid-19: Jangan Bahayakan Diri Buka Masker di Ruang Tertutup Banyak Orang



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X