Kompas.com - 23/06/2021, 08:55 WIB
Tidak disarankan menyimpan telur di pintu kulkas karena dapat membuatnya cepat rusak. SHUTTERSTOCK/JARABEE123Tidak disarankan menyimpan telur di pintu kulkas karena dapat membuatnya cepat rusak.

KOMPAS.com - Rak khusus yang tersedia di kulkas tampak seperti tempat penyimpanan yang sempurna untuk menyimpan telur. Padahal, kenyataannya adalah sebaliknya.

Mengapa telur sebaiknya tak disimpan di rak pada pintu kulkas?

Menurut pakar penyimpanan dari Space Station, Vlatka Lake, tempat terburuk untuk menyimpan telur adalah di rak plastik yang ada pintu kulkas tersebut.

Menyimpan telur di pintu kulkas akan membuat telur mengalami serangkaian perubahan suhu yang tiba-tiba ketika pintu dibuka dan ditutup.

Kondisi itu akan membuat telur lebih cepat busuk daripada jika disimpan pada tempat dengan suhu stabil.

"Konsensus umumnya adalah menyimpan telur di kulkas, tetapi jangan di rak telur yang biasa ditemukan di pintu kulkas," kata Vlatka Lake, seperti dilansir the Sun.

"Rak telur rentan terhadap perubahan suhu karenanya terus dibuka dan ditutup, menyebabkan telur lebih cepat busuk."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Manfaat Sarapan Telur yang Sayang Dilewatkan


Cara menyimpan telur

Menyimpan telur di kulkas tetap diperbolehkan, namun disarankan tidak menyimpannya di rak telur di pintu kulkas.

Menurut laman the Spruce, cara menyimpan telur yang baik adalah membiarkannya di wadah aslinya.

Wadah telur dirancang untuk menjaganya tetap segar atau menyerap rasa dari makanan lain di kulkas.

Menyimpan telur dengan wadah karton aslinya dapat menjaga telur tetap dalam kondisi segar dan tidak menyerap bau atau rasa dari makanan lain di kulkas.SHUTTERSTOCK/LIDAPHOTOS Menyimpan telur dengan wadah karton aslinya dapat menjaga telur tetap dalam kondisi segar dan tidak menyerap bau atau rasa dari makanan lain di kulkas.
Letakkan wadah karton tersebut di bagian utama kulkas, di mana suhunya paling dingin dan cenderung paling tidak berfluktuasi.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), telur yang disimpan dengan cara ini akan bertahan selama tiga hingga lima minggu.

Namun, pastikan selalu melakukan pengujian sederhana untuk memastikan telur masih dalam keadaan segar. Tautan berikut adalah cara mengetahui telur busuk atau tidak yang bisa kita praktikkan.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Telur Sudah Busuk



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X