Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2021, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Penampilan awet muda tidak hanya bisa diwujudkan dengan rutin berolahraga dan menghindari paparan sinar matahari berlebih saja.

Pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi juga memiliki pengaruh yang besar. Kita tahu ada beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga tubuh tetap awet muda seperti teh hijau dan biji rami.

Sayangnya, ada beberapa makanan yang juga berpengaruh buruk pada efek penuaan di diri kita. Jenis pangan tersebut bisa memicu penuaan lebih cepat dari seharusnya sehingga kulit tidak lagi elastis dan sehat.

Baca juga: 7 Nutrisi Paling Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ap saja itu?

  • Makanan pedas

Makanan pedas memang sangat nikmat dan cocok disantap kapan saja. Namun sebaiknya kita menguranginya jika tak mau terlihat tua lebih cepat.

Makanan pedas dapat memperburuk kulit yang rentan terhadap rosacea, suatu kondisi kulit yang umum terjadi pada wanita menopause. Efeknya dapat melebarkan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan kulit memerah atau terlihat bernoda.

Daging olahan seperti ham, nugget atau sosis bukan hanya buruk pada kesehatan jantung atau memicu kenaikan berat badan. Efeknya juga bisa membuat kulit dehidrasi, menurunkan kadar kolagen dan menyebabkan peradangan.

Kandungannya yang tinggi lemak jenuh, natrium dan sulfit merupakan penyebab utamanya. Sebaiknya kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan ini jika tak ingin cepat terlihat tua.

Baca juga: Cegah Penuaan Dini, Jangan Malas Pakai Sunscreen Tiap Hari

  • Margarin

Kita lebih familiar dengan penggunaan margarin daripada butter. Padahal butter sebenarnya lebih baik untuk tubuh khususnya jika ingin tetap menjaga penampilan hingga usia senja.

Margarin mengalami terlalu banyak proses pengolahan dan bermutu rendah. Setiap olesannya mengandung minyak terhidrogenasi parsial, alias lemak trans, yang dapat membuat kulit kita lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet (UV).

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.