Kompas.com - 07/06/2021, 12:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Rajin melakukan perawatan kulit dari luar dengan menggunakan skincare saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. Imbangi dengan asupan yang sehat.

"Kulit adalah organ terbesar kita dan saya sering menyebutnya 'cermin ajaib' karena memberikan refleksi luar yang sangat baik dari apa yang terjadi di dalam tubuh kita," kata dokter dan pendiri TheSpaDr.com, Trevor Cates, ND.

Dia percaya dalam membangun kulit yang indah haruslah dari dalam ke luar. Karena itu, dia merekomendasikan kita untuk berfokus pada makanan yang kaya nutrisi untuk kulit.

"Beberapa nutrisi tertentu yang kita konsumsi dapat membantu mendukung mikroorganisme di kulit yang hidup untuk membantu melindungi kulit dari jerawat, noda dan penuaan dini," jelasnya.

Baca juga: Ragam Manfaat Omega 3 untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sependapat dengan Cates, ahli nutrisi untuk The Charge Group di Philadelphia, Veronica Campbell, RDN juga menegaskan bahwa nutrisi dalam makanan memainkan peran besar dalam kesehatan kulit dan dapat mengubah struktur, serta kelembapan kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia pun menyarankan agar kita dapat mengonsumsi beberapa nutrisi penting guna menjaga kesehatan kulit, seperti yang dilansir dari laman Well and Good berikut ini.

1. Protein

Protein biasanya dianggap sebagai pembangkit tenaga untuk membangun otot, padahal nutrisi ini juga dapat memberikan keajaiban pada kulit. Itu karena kulit sebagian besar terdiri dari protein.

"Nutrisi makro esensial ini sama pentingnya dengan oli di mobil kita," kata Campbell.

Baca juga: Apakah Sunscreen dengan SPF 100 Melindungi Kulit Lebih Baik?

"Jika kita tidak memenuhi kebutuhan protein harian, tubuh kita akan menarik cadangan dan dapat menurunkan kualitas kulit," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X