Kompas.com - 24/07/2021, 17:13 WIB
Ilustrasi sekumpulan anak muda yang sedang memainkan media sosial menggunakan smartphone. Dok. iStock/Nattakorn ManeeratIlustrasi sekumpulan anak muda yang sedang memainkan media sosial menggunakan smartphone.

KOMPAS.com – Internet atau pun media sosial saat ini menjadi salah satu rujukan informasi terkini. Tetapi hati-hati, banyak informasi hoaks atau berita negatif di luar sana. Bijaklah mencari rujukan berita yang bisa dipercaya.

Intesitas orang berselancar di internet memang meningkat pesat di masa pandemi. Namun, kebiasaan scrolling berita atau informasi itu bisa membuat kita mengalami fenomena doomscrolling, yang lebih suka melihat berita negatif dan gampang percaya hoaks.

Dalam pengertian sederhana, doomscrolling adalah kecenderungan berselancar di internet secara berlebihan dan biasanya didominasi dengan membaca berita negatif.

Jangan dibiarkan, karena dapat memicu kecemasan dan stres, bahkan berpengaruh pada kesehatan fisik karena kita percaya begitu saja pada hoaks yang beredar.

Jadi, berikut empat cara untuk mengurangi dampak doomscrolling pada kesehatan mental kita.

Baca juga: 5 Informasi Vaksin Covid-19 yang Tak Berdasar, Awas Termakan Hoaks!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batasi waktu berselancar di media sosial

Smartphone memiliki fitur untuk merekam waktu yang kita habiskan untuk membuka suatu aplikasi. Manfaatkan ini dan terus perhatikan waktu agar kita tidak “tenggelam” di media sosial.

Cobalah hindari menelusuri internet sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menjauhkan ponsel dari tempat tidur.

Jaga kesehatan 

Olahraga rutin membuat kita melepaskan neurotransmiter yang memiliki efek baik. Olahraga seperti yoga dan meditasi juga membantu menghilangkan stres.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.