Kompas.com - 25/07/2021, 14:57 WIB
Kelas wirausaha bersama Starbucks StarbucksKelas wirausaha bersama Starbucks
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - "Siapa yang sudah tahu apa passion-nya?" tanya seorang pengusaha yang sedang menjadi pengajar kepada 300-an siswa SMK.

Segera puluhan chat masuk di jendela virtual meeting. Ada yang sudah menemukan apa yang diinginkan, ada yang masih mempertimbangkan apa yang akan dipilih, namun tidak sedikit yang bingung tidak tahu passion-nya.

"Nah, passion ini penting dalam memilih bisnis. Pilihlah sesuatu yang kita suka, agar saat menjalankannya kita bahagia dan punya tujuan jelas," lanjut mentor tersebut.

Itulah sekelumit gambaran acara Starbucks Creative Youth Entrepreneurship yang bermitra dengan organisasi non-profit Prestasi Junior Indonesia, Kamis (22/7/2021).

Program ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan anak-anak muda dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan melalui metode interaktif pembelajaran jarak jauh.

Sebelumnya, program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship sudah pernah dilaksanakan di Indonesia pada awal tahun 2019 dalam rangka merayakan bulan kebaikan yang diperingati oleh Starbucks secara global atau yang lebih dikenal dengan Global Month of Good di setiap bulan April.

Tak dinyana, program tahun lalu itu menghasilkan pengusaha muda, antara lain siswa-siswa SMK dari bandung yang membuat makaroni dan masih menjualnya hingga sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini program serupa dilakukan kembali secara online, dimulai pada Juli hingga November 2021, melibatkan lebih dari 200 partner (karyawan) Starbucks untuk membantu memfasilitasi dan membimbing 1.152 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bali, Batam, Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Meskipun diselenggarakan oleh Starbucks, pelatihan ini bukan melulu soal kopi, namun mengenai bagaimana menjadi wirausahawan. Mulai dari memilih bisnis, merencanakan produk, hingga pemasarannya, terutama secara digital marketing.

Menurut Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia, dalam program ini para siswa akan diberi pengetahuan mengenai wirausaha, sekaligus pelatihan, pembekalan, dan bimbingan dalam mewujudkannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.