Kompas.com - 29/07/2021, 08:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bekerja di masa pandemi Covid-19 tentu tidak mudah dan bisa memicu "burnout syndrome" atau kelelahan secara fisik maupun mental karena pekerjaan.

Kondisi seperti ini memiliki dampak yang menyebabkan kita menjadi frustasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan, jika sampai atasan mengetahui hasil kinerja tidak sesuai ekspektasi, bisa saja berujung pada pemotongan gaji, pemecatan, dan tertinggal oleh rekan kerja yang lain.

"Burnout sering menjadi masalah saat kita sedang melakukan rutinitas pekerjaan. Apalagi di situasi pandemi yang mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah."

Demikian penuturan seorang psikolog dari aplikasi konseling online Riliv, Prita Yulia Maharani, MPsi dalam sebuah siaran pers.

"Kondisi burnout yang umumnya kita alami yakni stres berat, frustasi, kurang motivasi, dan mudah merasa lelah," sambung dia.

Lantas, bagaimana mengatasi burnout selama masa pandemi ini supaya kita dapat kembali bekerja dengan efektif dan lebih baik?

Baca juga: Jangan Sepelekan, Kenali Burnout karena Pekerjaan dan Pencegahannya

Prita pun memaparkan lima cara yang dapat kita terapkan, baik ketika sedang bekerja di kantor atau rumah sebagai berikut ini.

1. Memahami pengaruh negatif burnout

Menurut Prita, salah satu cara mengatasi burnout adalah dengan memahami pengaruh negatifnya pada diri kita, terutama kinerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.