Kompas.com - 30/07/2021, 12:44 WIB
. PIXABAY/ sabinevanerp.

KOMPAS.com -  Di dunia, ada orang-orang yang dianugerahi umur panjang, hingga lebih dari 100 tahun. Kelompok ini biasa disebut dengan nama centenarian.

Namun, kelompok centenarian jumlahnya tak banyak. Sebagai gambaran, di Amerika Serikat,  jumlahnya kurang dari dua untuk setiap 10.000 orang.

Kendati demikian, ada beberapa wilayah di dunia yang disebut "zona biru", di mana di sana dikenal banyak orang yang hidup dengan usia lebih dari 100 tahun.

Lima wilayah yang dikenal dengan populasi centenarian besar adalah, Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Ogliastra, Sardinia; Loma Linda, California; dan Semenanjung Nicoya, Kosta Rika.

Baca juga: Rahasia Panjang Umur, Simak Saran Makanan dari Centenarian

"Pertanyaan lainnya adalah jika seseorang hidup sampai usia 100 tahun, akan seperti apa? Apakah akan terbaring di tempat tidur dan tidak mampu mengurus diri sendiri?"

"Atau apakah akan cukup mandiri dan kuat?" kata Steven N. Austad, Ph.D., ilmuwan yang mempelajari mekanisme seluler dan molekuler penuaan di Pusat Kesehatan Universitas Texas di San Antonio, AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, strategi hidup dari orang-orang kelima wilayah "zona biru" tersebut cenderung berbeda dan unik, tapi mereka memiliki satu kesamaan yaitu gaya hidup. 

Mereka bisa mencapai usia yang panjang karena cara hidup yang mengoptimalkan lamanya waktu tubuh dan pikiran untuk bisa tetap berada di dunia.

Menurut peneliti zona biru Dan Buettner, orang-orang di zona biru umumnya membuat sejumlah pilihan gaya hidup yang berimbas pada umur panjang, dan kesehatan.

1. Bergerak dalam keseharian

Ketika banyak orang menghabiskan waktu dan uang untuk mengikuti keanggotaan gym dan sengaja memberi waktu di tengah kesibukan, orang-orang di zona biru justru tidak berolahraga.

Baca juga: 5 Manfaat Karbohidrat Ubi Jalar, Turun Berat Badan hingga Umur Panjang

Halaman:


Sumber ecowatch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.