Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 12:44 WIB
Intan Pitaloka,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber ecowatch

KOMPAS.com -  Di dunia, ada orang-orang yang dianugerahi umur panjang, hingga lebih dari 100 tahun. Kelompok ini biasa disebut dengan nama centenarian.

Namun, kelompok centenarian jumlahnya tak banyak. Sebagai gambaran, di Amerika Serikat,  jumlahnya kurang dari dua untuk setiap 10.000 orang.

Kendati demikian, ada beberapa wilayah di dunia yang disebut "zona biru", di mana di sana dikenal banyak orang yang hidup dengan usia lebih dari 100 tahun.

Lima wilayah yang dikenal dengan populasi centenarian besar adalah, Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Ogliastra, Sardinia; Loma Linda, California; dan Semenanjung Nicoya, Kosta Rika.

Baca juga: Rahasia Panjang Umur, Simak Saran Makanan dari Centenarian

"Pertanyaan lainnya adalah jika seseorang hidup sampai usia 100 tahun, akan seperti apa? Apakah akan terbaring di tempat tidur dan tidak mampu mengurus diri sendiri?"

"Atau apakah akan cukup mandiri dan kuat?" kata Steven N. Austad, Ph.D., ilmuwan yang mempelajari mekanisme seluler dan molekuler penuaan di Pusat Kesehatan Universitas Texas di San Antonio, AS.

Nah, strategi hidup dari orang-orang kelima wilayah "zona biru" tersebut cenderung berbeda dan unik, tapi mereka memiliki satu kesamaan yaitu gaya hidup. 

Mereka bisa mencapai usia yang panjang karena cara hidup yang mengoptimalkan lamanya waktu tubuh dan pikiran untuk bisa tetap berada di dunia.

Menurut peneliti zona biru Dan Buettner, orang-orang di zona biru umumnya membuat sejumlah pilihan gaya hidup yang berimbas pada umur panjang, dan kesehatan.

1. Bergerak dalam keseharian

Ketika banyak orang menghabiskan waktu dan uang untuk mengikuti keanggotaan gym dan sengaja memberi waktu di tengah kesibukan, orang-orang di zona biru justru tidak berolahraga.

Baca juga: 5 Manfaat Karbohidrat Ubi Jalar, Turun Berat Badan hingga Umur Panjang

Mereka bergerak secara alami, tanpa berpikir.

Gaya hidup mereka mendorong untuk bergerak sepanjang hari, entah itu mendaki gunung sambil menggembala kambing, atau merawat kebun yang ditanami sayuran.

Jadi, mengapa kita tidak meniru mereka. Mencoba bergerak lebih natural di lingkungan rumah, ketimbang menghabiskan waktu satu jam di gym setelah duduk 12 jam sehari.

2. Menetapkan tujuan hidup

Di zona biru, orang tahu mengapa mereka bangun di pagi hari.

Mereka puas dalam hidup mereka, dan tahu ke mana mereka pergi dan mengapa. Lalu, mereka pun tidak terburu-buru untuk mencapainya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber ecowatch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com