Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 15:11 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Scarlett Johansson menggugat Disney karena menyediakan akses streaming daring film terbarunya, Black Widow, bersamaan dengan jadwal rilisnya di bioskop.

Langkah Disney itu dinilai melanggar kontrak kerja yang terjalin dengan salah satu bintang utama Marcel Cinematic Universe (MCU) ini. Dikatakan bahwa, Marvel Studio, anak perusahaan Disney, menjanjikan kepada Scarlett bahwa film solonya itu akan menjadi theatrical release. 

Istilah ini dimaknai, film yang juga dibintangi Florence Pugh ini akan tayang secara penuh di bioskop selama beberapa waktu baru beralih ke layanan streaming online.

Biasanya, butuh waktu tiga bulan baru penonton bisa menikmatinya secara legal lewat kanal berlangganan.

Baca juga: Asosiasi Pemilik Bioskop di Hollywood Protes Perilisan Black Widow di Disney+

Sayangnya, ketika dirilis secara worldwide pada 9 Juli lalu, Disney juga menyediakan akses secara premium melalui Disney+, platform streaming milik raksasa media ini.

Film superhero itu memecahkan rekor box office untuk pandemi Covid-19 dengan meraup 218 juta dollar Amerika Serikat pada akhir pekan pertamanya. Angka ini juga ditambah ditambah setidaknya 60 juta dollar AS dengan keuntungan dari Disney+ Premier Access.

Meski demikian, strategi ini disebut membuat Scarlett kehilangan potensi pendapatan, ditambah dengan penerimaan box office yang turun drastis.

Dikutip dari BBC, orang terdekatnya menyatakan, pemeran Natasha Romanoff ini merugi setidaknya 50 juta dollar AS akibat tingkah petinggi Disney ini. Seharusnya, ia bisa mendapatkan bonus box office dari Marvel apabila penayangan dilakukan secara eksklusif di bioskop.

"Berdasarkan informasi yang ada, keputusan untuk melakukan perilisan ganda ini setidaknya karena Disney melihat kesempatan untuk mempromosikan layanan berlangganannya dengan menggunakan film dan Scarlett Johansson," demikian bunyi gugatan tersebut.

Baca juga: Scarlett Johansson Bakal Punya Brand Skin Care Sendiri

Strategi penayangan ganda ini dinilai dilakukan demi menambah jumlah serta mempertahankan jumlah pelanggan di tengah kompetisi layanan streaming yang menggila di masa pandemi ini.

Sementara itu, Disney menganggap gugatan hukum aktrisnya itu tidak bermanfaat dan menyedihkan di tengah situasi pandemi global saat ini.

Juru bicara perusahaan menyatakan, aktris berusia 36 tahun ini seharunya bersyukur karena kehadiran Black Widow di Disney+ justru menambah bonus yang didapatnya.

"Disney telah sepenuhnya memenuhi kontrak Scarlett Johansson dan lebih jauh lagi, perilisan Black Widow di Disney+ dengan akses premier justru meningkatkan nilai kompensasi yang akan didapatnya selain 20 juta dollar yang telah diterima hingga saat ini," kata juru bicara Disney.

Baca juga: Black Widow Puncaki Box Office Dunia pada Masa Pandemi 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com