Kompas.com - 05/08/2021, 16:15 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Keluhan susah tidur atau jam tidur yang berkurang banyak dimiliki orang di masa pandemi. Padahal, kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh yang kita butuhkan untuk mencegah infeksi.

Jika kita termasuk orang yang kurang tidur namun tidak bisa memperpanjang durasi tidur, maka tidur siang bisa menjadi alternatifnya.

Menariknya, kita tidak perlu tidur berlama-lama. Tidur siang yang singkat pun akan berhasil memberikan manfaat.

"Durasi tidur siang terbaik adalah yang cukup lama untuk menyegarkan, tetapi tidak terlalu lama sehingga terjadi inersia tidur (mengantuk) setelahnya," saran Alexa Fry dan Kimberly Truong, MD, MPH dari The Sleep Foundation.

Tidur siang yang berlangsung 10 hingga 20 menit dianggap sebagai durasi yang ideal. Ini kadang-kadang disebut sebagai "power naps", karena memberikan manfaat pemulihan tanpa membuat kita merasa mengantuk sesudahnya.

Baca juga: Alasan Tidur Siang Tidak Boleh Terlalu Lama

Selain dapat mengusir rasa lelah, tidur siang selama 20 menit juga menawarkan sejumlah manfaat tambahan, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Merasa seketika lebih bahagia

Kebahagiaan adalah salah satu keadaan pikiran yang sulit dipahami dan terasa lebih sulit untuk dicapai jika kita terpaku untuk meraihnya.

Namun, menurut sebuah penelitian, kunci untuk hari-hari yang lebih bahagia terkadang sesederhana menambahkan tidur siang selama 20 menit ke dalam rutinitas kita.

Psikolog Richard Wiseman, Ph.D., seorang profesor di University of Hertfordshire, mensurvei lebih dari 1.000 orang dewasa tentang tingkat kebahagiaan dan kebiasaan tidur siang mereka.

Halaman:


Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.