Kompas.com - 14/08/2021, 18:54 WIB

KOMPAS.com – Gangguan tidur seperti insomnia dan sleep walking (tidur sambil berjalan) terkadang dialami oleh remaja.

Sayangnya, gangguan itu sering tidak disadari, baik oleh anak, maupun orangtuanya, dan mengira kalau mereka hanya sulit tidur biasa.

Namun, sebaiknya orangtua harus lebih memperhatikan pola dan masalah tidur anak remaja terlebih di masa pandemi.

Temuan studi terbaru menyebut, remaja dengan masalah tidur sebelum pandemi berptotensi mengalami kecemasan berlebih akan COVID-19.

Biasanya, remaja yang mengalami masalah tidur ini mengalami peningkatan tingkat kekhawatiran dan kecemasan, serta membutuhkan dukungan dari orang yang mereka cintai.

Menurut Medical Xpress, penelitian soal pola tidur dan kecemasan remaja ini sudah dilakukan oleh para peneliti dari University of the Sunshine Coast Australia sejak tiga tahun lalu.

Baca juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Kesehatan Mental Lebih Baik

 

Karena mereka mengamatinya sebelum pandemi dimulai, para peneliti menemukan bahwa para remaja yang memiliki masalah tidur sebelum pandemi memiliki kekhawatiran yang lebih tinggi tentang Covid-19.

Para remaja yang menjadi responden dipantau pola tidur serta kecemasannya. Lalu, para peneliti mempelajari bagaimana tidur, kurang tidur, atau tidak tidur sama sekali, dapat muncul dengan sendirinya dalam "integritas struktural materi putih" otak.

Sementara itu, menurut survei tahun 2014 yang melibatkan di mana lebih dari 1.000 remaja berusia antara 13 hingga 17 tahun, diketahui bahwa tingkat stres mereka lebih tinggi dari “batas sehat” selama tahun ajaran sekolah.

Kondisi itu mengakibatkan rasa kewalahan, stres, kurang tidur, dan melewatkan makan karena stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.