BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Lebih Percaya Diri dengan Tips Berpakaian untuk Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

Kompas.com - 03/09/2021, 08:31 WIB
Ilustrasi hari pertama bekerja di kantor. Dok. ShutterstockIlustrasi hari pertama bekerja di kantor.

KOMPAS.com – Bagi fresh graduate, berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama menjadi sebuah kebanggaan. Apalagi, jika pekerjaan tersebut sesuai dengan passion. Rasa bahagia pun menjadi berkali lipat.

Namun, selama pandemi Covid-19, banyak perusahaan menetapkan aturan work from home (WFH). Dengan sistem WFH, first jobber tidak bisa merasakan suasana kantor yang sesungguhnya.

Namun, seiring dengan penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa kota, termasuk Jakarta, menimbulkan harapan untuk kembali bekerja di kantor.

Baca juga: 7 Tips WFH Bebas Stres dan Tetap Produktif

Seperti diketahui, hari pertama bekerja di kantor merupakan momen yang penting. Selain bisa mengenal lingkungan dan suasana kantor tempat berkarier, hari pertama menjadi kesempatan berkenalan dengan rekan kerja.

Momen tersebut juga menjadi saat yang tepat untuk membangun citra diri di hadapan mereka. Oleh sebab itu, penting bagi first jobber untuk melakukan beberapa persiapan.

Salah satunya adalah mempersiapkan apa yang akan dikenakan saat hari pertama masuk kerja di kantor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Indeed.com, Selasa (23/2/2021), penampilan kamu di hari pertama bekerja akan memberitahukan rekan kerja bahwa kamu seseorang yang profesional dan mampu melakukan pekerjaan dengan baik.

Baca juga: Bosan Saat PPKM Darurat? Ini 8 Ide Seru Habiskan Waktu di Rumah Bersama Pasangan

Selain itu, outfit yang kamu kenakan di hari pertama bekerja juga dapat memengaruhi kepercayaan diri. Semakin kamu percaya diri, semakin nyaman pula kamu dalam bekerja dan menyelesaikan tugas.

Berikut empat tips untuk tampil profesional dan percaya diri di hari pertama bekerja dari Kompas.com.

Pakaian sesuai aturan perusahaan

Setiap perusahaan memiliki aturan dalam berpakaian. Jadi, sebelum mulai masuk kerja, lebih baik cari tahu bagaimana budaya berpakaian di kantor baru kamu.

Kamu dapat menanyakan kepada pihak human resources development (HRD) terkait apa yang boleh dan tidak dikenakan dalam berpakaian di kantor.

Beberapa perusahaan biasanya juga memiliki hari-hari yang mengharuskan karyawan menggunakan pakaian tertentu. Misalnya saja, baju batik pada hari Jumat atau Senin.

Baca juga: Kebiasaan Mencuci yang Bisa Meringankan Proses Menyetrika Pakaian

Ada beberapa perusahaan yang mengizinkan karyawan menggunakan pakaian yang bebas dan santai tetapi tetap sopan. Jika kantor kamu salah satunya, kamu bisa mengenakan celana jeans dan atasan kemeja atau blouse dengan warna netral pada hari pertama.

Sebaliknya, ada juga perusahaan yang ketat dengan aturan berpakaian. Biasanya, perusahaan mengharuskan karyawan menggunakan pakaian formal selama di kantor.

Jika demikian, kamu bisa menggunakan kemeja dengan warna dan motif netral serta celana bahan dengan warna gelap. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa membawa blazer senada dengan warna celana yang dipakai.

Satu lagi yang paling penting dalam berpakaian adalah pastikan kamu merasa nyaman saat memakainya. Dengan demikian, kamu dapat tampil dengan percaya diri.

Baca juga: Agar Tak Sekadar Lewat, Gunakan Gaji Pertama untuk Beli 3 Barang Ini

Kenakan sepatu yang nyaman

Selain pakaian, sepatu yang kamu kenakan pada hari pertama bekerja di kantor juga harus nyaman. Jika perusahaan tempatmu bekerja memiliki aturan berpakaian formal, pilihlah flat shoes dengan warna netral dan sesuai dengan pakaian yang kamu kenakan.

Namun, jika kantor mengharuskan kamu menggunakan sepatu formal bertumit tinggi, carilah sepatu yang benar-benar nyaman dikenakan, seperti pump shoes.

Beda lagi jika kantor memiliki aturan berpakaian yang kasual. Kamu bisa menggunakan sepatu keds yang nyaman.

Meski demikian, pada hari pertama lebih baik kenakan sepatu dengan warna dan model yang netral. Hindari mengenakan koleksi sepatu keds atau stiletto kamu yang memiliki harga jutaan itu ya.

Baca juga: Merdekakan Karyawan, Bisnis Sepatu Wanita Shopatblow Sukses Menembus Pasar Dunia

Pilih tas yang dengan desain tak mencolok

Sama seperti sepatu, tas juga menjadi barang yang dapat menunjang penampilan. Apalagi bagi para wanita, memilih tas untuk memberikan kesan positif menjadi sangat penting.

Melansir Bustle.com, hindari penggunaan tas dengan logo merek yang besar. Hal tersebut akan mengganggu penampilan kamu, apalagi saat hari pertama bekerja.

Sebagai gantinya, kamu bisa membawa tas punggung atau tas jinjing yang dapat memuat laptop. Sebab, ada kemungkinan kamu akan langsung mendapatkan alat kerja pada hari pertama.

Selain itu, pilihlah warna yang sesuai dengan pakaian yang kamu kenakan. Lagi-lagi, jangan pilih warna dan motif yang mencolok untuk menghindari kesan negatif dari rekan kerja.

Kalung dan cincin berlian bisa jadi pilihan aksesori untuk tampil feminin.Dok. The Palace Kalung dan cincin berlian bisa jadi pilihan aksesori untuk tampil feminin.

Tambahkan aksesori yang simpel

Walaupun mengenakan pakaian dengan warna netral untuk hari pertama kerja, kamu bisa menambahkan aksesori untuk memberikan kesan feminin. Pilih aksesori dengan model yang simpel, tetapi memikat perhatian.

Kamu bisa menggunakan jepit rambut cantik untuk membantu rambutmu terlihat lebih rapi. Selain itu, kamu juga bisa mengenakan perhiasan wanita yang berdesain simpel tapi manis.

Kamu dapat memilih perhiasan emas bertakhtakan berlian, seperti cincin dan kalung berlian dari Koleksi Moela #ThePalaceJeweler.

Baca juga: Serba-serbi Self-Reward, dari Manfaat hingga Rekomendasi yang Cocok

Jika kamu berpikir bahwa perhiasan berlian hanya ditujukan bagi perempuan berusia di atas 30 tahun atau dikenakan untuk acara resmi, kamu salah.

Pasalnya, koleksi perhiasan wanita dari Koleksi Moela memiliki desain simpel, youth, dan modern yang cocok dipakai sehari-hari.

Perhiasan berlian Koleksi Moela cocok dipakai sehari-hari. Dok. The Palace Perhiasan berlian Koleksi Moela cocok dipakai sehari-hari.

Koleksi Moela terdiri dari lima seri, yaitu BerMoela, KaMoela, TriMoela, Lovela, dan Modela. Kelima seri tersebut memiliki desain dengan ciri khas yang kekinian dan anak muda banget.

Untuk ukuran perhiasan berlian, harga cincin berlian atau kalung dari Koleksi #ThePalaceMoela tergolong #berlianTerjangkau . Kamu dapat membeli koleksi perhiasan berlian asli ini mulai dari Rp 999.000.

Tenang, meskipun harganya terjangkau, berlian dan emas yang digunakan pada Koleksi Moela tidak sembarangan.

Setiap perhiasan koleksi The Palace Jeweller, termasuk Koleksi Moela, menggunakan material emas bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Berlian yang digunakan pun memiliki kualitas terbaik.

Penasaran dengan model dan desain dari Koleksi Moela, kamu bisa mengakses akun Instagram @thepalace_id. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengakses situs resmi The Palace di sini.

Koleksi Moela dapat dibeli di gerai The Palace Jeweller dan official store di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.