Kompas.com - 03/09/2021, 11:17 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebuah jam tangan dapat mencerminkan selera, kepribadian, hingga status pemakainya.

Karenanya banyak hal perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk memiliki jam tangan, baik dari sisi model, desain, serta fungsi dan fitur yang dihadirkan. Sebab, masing-masing jam tangan memiliki keunikan dan keunggulan.

Misalnya, model jam tangan otomatis (automatic), tidak dibekali perangkat elektronik. Seluruh komponen penggerak jam tersebut ditenagai mainspring alias per dan mesin mekanik.

Sementara itu, model jam tangan dengan dial transparan (skeleton) memiliki keindahan pada gerakan mesin yang bisa disaksikan di bagian dial.

Ingin mengetahui lebih dalam seputar beragam jenis jam tangan mekanis pria? Baca lanjutannya di bawah ya.

1. Jam tangan otomatis

Model Jam Tangan (Jam tangan otomatis) Model Jam Tangan (Jam tangan otomatis)
Sebelum jam tangan kuarsa atau quartz "merajalela" di era 70-an, penggemar jam hanya mengenal jam tangan mekanis.

Jika jam tangan kuarsa ditenagai oleh baterai untuk menggerakkan mesin, maka jam tangan mekanis memanfaatkan energi yang tersimpan di per (mainspring).

Nah, tugas mainspring sangatlah penting. Mainspring berfungsi menyimpan energi dari putaran rotor yang diperoleh dari sebuah proses yang dinamai winding.

Pada jam tangan mekanis, winding harus dilakukan secara manual, yakni dengan memutar crown atau kenop di bagian samping cangkang jam (umumnya di sebelah kanan).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.