Kompas.com - 17/09/2021, 17:49 WIB
Omega Seamaster 300 Bronze Gold OmegaOmega Seamaster 300 Bronze Gold
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Perunggu pernah dikaitkan dengan kekayaan dan kebangsawanan. Dahulu perunggu adalah bahan mewah yang dipakai untuk perapian, furnitur, jam, dan benda lain milik para bangsawan, sebelum akhirnya ditinggalkan.

Namun belakangan ini material perunggu kembali banyak dipakai dalam pembuatan arloji, baik itu arloji mewah keluaran terbatas maupun produk kelas menengah.

Padahal perunggu, yang notabene merupakan campuran logam timah dan tembaga, kerap dianggap memiliki kelemahan, di mana bagian permukaan material itu rentan mengalami korosi atau perubahan warna akibat reaksi kimia.

Namun korosi tersebut sebenarnya justru melindungi lapisan logam yang berada di bagian bawah agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut.

Fenomena ini terjadi secara alami dan mencegah karat, tidak seperti baja, yang dapat berkarat hingga seluruh bagiannya hancur.

Itu sebabnya, perunggu banyak dipakai sebagai logam untuk perangkat kelautan serta jam tangan karena sifat material perunggu yang tahan terhadap reaksi dari air laut.

Baca juga: Inovasi Omega pada Arloji yang Pernah ke Bulan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Omega Seamaster 300 Bronze GoldOmega Omega Seamaster 300 Bronze Gold
Ketangguhan perunggu inilah yang sepertinya coba diterjemahkan ulang oleh Omega dalam kreasi terbaru perusahaan bernama "Seamaster 300 Bronze Gold".

Pada Seamaster 300 Bronze Gold, watchmaker Swiss itu mengembangkan campuran perunggu dan emas yang mampu bertahan terhadap korosi, termasuk di bagian permukaan material.

Head of Product Management di Omega, Gregory Kissling menjelaskan cerita di balik "kelahiran" Seamaster 300 Bronze Gold ini.

Langkah pertama perusahaan, menurut Kissling, tim desain Omega ingin menciptakan paduan atau campuran logam yang berbeda dari dua paduan emas yang sudah pernah dibuat Omega, sedna gold dan moonshine gold.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.