Kompas.com - 23/09/2021, 08:45 WIB
Suhu dingin kulkas bisa membuat putih telur terlepas dari cangkangnya. Unsplash/Natalie RheaSuhu dingin kulkas bisa membuat putih telur terlepas dari cangkangnya.

KOMPAS.com - Menjaga keamanan dan kebersihan telur sebelum dikonsumsi adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Telur mungkin merupakan sumber protein yang murah, namun telur juga bisa membawa salmonella atau bakteri yang menyebabkan penyakit usus yang bisa mematikan.

Mengingat pentingnya keamanan telur, banyak orang kemudian mempertanyakan apakah kita harus mencuci telur atau tidak sebelum dikonsumsi.

Seorang profesor dan spesialis penyuluhan keamanan pangan di Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi Manusia di Amerika, Marisa Bunning pun memberikan penjelasannya sebagai berikut.

Baca juga: 7 Dampak yang Dirasakan Tubuh jika Makan Telur Setiap Hari

Telur segar peternakan vs yang dibeli di toko

Bunning mengungkapkan bahwa telur yang kita beli di toko terlihat cantik dan bersih karena Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengharuskan telur untuk dicuci terlebih dulu sebelum dijual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk alasan ini, dia menyarankan agar kita tidak mencuci lagi telur yang dibeli dari toko atau pasar.

"Itu bukan ide yang baik karena mencuci telur ini sebenarnya bisa menimbulkan masalah, terutama jika seseorang mencuci telurnya dengan air yang sangat panas atau sangat dingin. Cangkangnya bisa keropos," terangnya.

Sementara itu, jika kita mendapatkan telur segar langsung dari peternakan ayam, kondisinya mungkin akan berbeda dengan yang dijual di toko.

Meskipun sangat segar, telur yang didapatkan langsung dari peternakan mungkin perlu dicuci terlebih dulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.