Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Anjing Suka Menjilat Benda di Sekitarnya?

Kompas.com - 24/09/2021, 18:28 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber PetMD

KOMPAS.com - Anjing memang hobi menjilati segala sesuatu. Namun, tetap saja kita perlu memantaunya, karena bisa saja perilaku menjilati ini berkaitan dengan adanya masalah kesehatan, bahkan perilaku yang perlu penanganan.

Beberapa anjing menjilat sesuatu karena bosan, tetapi untuk anjing lain, menjilat bisa menjadi kompulsif, memberikan sensasi yang aman dan menenangkan.

Ketika menjilati adalah aktivitas yang merangsang diri sendiri, itu juga bisa menjadi tanda kecemasan atau ketidaknyamanan. Anjing lain dapat menjilat sampai menyebabkan masalah sekunder.

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Aktif dan Suka Bermain

Menjilat karena adanya masalah perilaku

Terkadang, jika anjing kita menjilati banyak hal di sekitarnya ini bisa juga sebagai cara "si anak bulu alias anabul" mengkomunikasikan sesuatu.

Beberapa anjing menjilat karena bosan. Kita dapat membantu mencegah kebiasaan ini dengan memberikan banyak stimulasi dan olahraga. Cobalah bermain lempar tangkap di luar atau berjalan-jalan atau berlari dengan anak anjing kita.

Jika kita merasa jilatan anjing menjadi tidak terkendali, penting untuk mengenalinya sejak dini untuk menghindari masalah lain, karena itu bisa menjadi tanda kecemasan akan perpisahan.

Bila diperlukan, kita bisa meminta bantuan pelatih profesional atau ahli perilaku hewan yang dapat mengevaluasi hewan peliharaan secara menyeluruh.

Baca juga: Mengibaskan Ekor hingga Menguap, Ini Arti Bahasa Tubuh Anjing

Perilaku menjilat karena adanya masalah kesehatan

Ketika anjing menjilati segala sesuatu di sekitarnya, itu juga bisa menjadi tanda adanya infeksi atau gangguan pencernaan. 

Jika kita mengabaikan perilaku anjing yang menjilat ini, itu dapat menyebabkan trauma diri, infeksi sekunder, atau perilaku destruktif yang tidak diinginkan.

Ilustrasi ras anjing French Bulldog. PIXABAY/MYLENE Ilustrasi ras anjing French Bulldog.

Mengapa anjing menjilat hal-hal tertentu?

Berikut beberapa penjelasan mengapa anjing senang menjilati benda di sekitarnya:

1. Manusia

Anjing secara naluriah menjilat dan merawat dirinya sendiri. Sama seperti induk anjing akan menjilat dan membersihkan anak-anaknya, beberapa anjing merasa perlu untuk menjilat orang yang disayanginya di dunia.

Halaman:
Sumber PetMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com