Kompas.com - 24/09/2021, 18:28 WIB
Ilustrasi ras anjing Pomeranian. PIXABAY/FUNEYESIlustrasi ras anjing Pomeranian.

KOMPAS.com - Anjing memang hobi menjilati segala sesuatu. Namun, tetap saja kita perlu memantaunya, karena bisa saja perilaku menjilati ini berkaitan dengan adanya masalah kesehatan, bahkan perilaku yang perlu penanganan.

Beberapa anjing menjilat sesuatu karena bosan, tetapi untuk anjing lain, menjilat bisa menjadi kompulsif, memberikan sensasi yang aman dan menenangkan.

Ketika menjilati adalah aktivitas yang merangsang diri sendiri, itu juga bisa menjadi tanda kecemasan atau ketidaknyamanan. Anjing lain dapat menjilat sampai menyebabkan masalah sekunder.

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Aktif dan Suka Bermain

Menjilat karena adanya masalah perilaku

Terkadang, jika anjing kita menjilati banyak hal di sekitarnya ini bisa juga sebagai cara "si anak bulu alias anabul" mengkomunikasikan sesuatu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa anjing menjilat karena bosan. Kita dapat membantu mencegah kebiasaan ini dengan memberikan banyak stimulasi dan olahraga. Cobalah bermain lempar tangkap di luar atau berjalan-jalan atau berlari dengan anak anjing kita.

Jika kita merasa jilatan anjing menjadi tidak terkendali, penting untuk mengenalinya sejak dini untuk menghindari masalah lain, karena itu bisa menjadi tanda kecemasan akan perpisahan.

Bila diperlukan, kita bisa meminta bantuan pelatih profesional atau ahli perilaku hewan yang dapat mengevaluasi hewan peliharaan secara menyeluruh.

Baca juga: Mengibaskan Ekor hingga Menguap, Ini Arti Bahasa Tubuh Anjing

Perilaku menjilat karena adanya masalah kesehatan

Ketika anjing menjilati segala sesuatu di sekitarnya, itu juga bisa menjadi tanda adanya infeksi atau gangguan pencernaan. 

Halaman:


Sumber PetMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.