Kompas.com - 25/09/2021, 15:26 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/6/2021). Dalam peninjauannya, Jokowi mengatakan ia akan meminta Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolro Listyi Sigit dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memasok vaksin sebanyak mungkin ke daerah. SETPRES/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo meninjau program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/6/2021). Dalam peninjauannya, Jokowi mengatakan ia akan meminta Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolro Listyi Sigit dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memasok vaksin sebanyak mungkin ke daerah.

KOMPAS.com - Kekebalan komunal (herd immunity) adalah konsep dalam epidemiologi yang menggambarkan bagaimana orang secara kolektif dapat mencegah infeksi jika 60-80 persen penduduk telah mempunyai kekebalan.

Kekebalan tersebut bisa diperoleh melalui program vaksinasi atau infeksi secara alamiah.
Berbagai upaya untuk membentuk kekebalan komunal terus didorong pemerintah demi keselamatan masyarakat.

Salah satu program untuk membentuk kekebalan komunal telah berhasil dilakkan di Desa Banjar Sari. Program ini merupakan kolaborasi dari Gerakan Indonesia Pasti Bisa dan Anak Bangsa Peduli, bersama pemerintah Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Ahli: Meski Ada Vaksin Covid-19, Tak Mungkin Herd Imunity Tercapai Setahun

Sejak periode Agustus-September 2021, sebanyak 7.000 warga telah divaksin dan desa Banjarsari menjadi desa pertama yang tingkat vaksinasinya mencapai 100 persen di wilayah Kabupaten Bekasi.

Keberadaan vaksin sangatlah penting karena vaksinasi menjadi upaya pemerintah untuk menekan angka kematian akibat Covid-19. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, dari seluruh kasus kematian akibat Covid-19, sebanyak 94 persen terjadi pada orang yang belum divaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peresmian program Desa Kekebalan Komunal Banjar Sari, kabupaten Bekasi.Dok Gerakan Indonesia Pasti Bisa Peresmian program Desa Kekebalan Komunal Banjar Sari, kabupaten Bekasi.

Dalam peresmian desa kekebalan komunal, diserahkan pula bantuan berupa penyediaan satu MCK dan tiga titik sanitasi air bersih.

“Desa Banjarsari adalah contoh pertama di Indonesia untuk desa kekebalan komunal. Semua warga di sini sudah 100 persen tervaksinasi. Para pejabat desanya pun sudah membuat pakta integritas sejak awal program,” jelas direktur Global Huminatrian Response, Wanda Ponika.

Ia mengatakan, bantuan sarana sanitasi itu untuk meningkatkan kesehatan fisik warga desa. Selain itu, diberikan pula bantuan bagi warga penyandang disabilitas, serta bantuan untuk mushola.

Sekda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi mengatakan, setelah divaksin kini warga desa bisa menjalankan aktivitas dengan normal, namun wajib tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kekebalan komunal bukan berarti bebas dari masker, namun masih harus tetap menjaga prokes agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari Covid-19,” katanya.

Baca juga: Kejar Herd Immunity, Pemkot Bekasi Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.