Kompas.com - 29/09/2021, 11:37 WIB
Sejumlah murid mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SDN 03 Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (7/4/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di 85 sekolah dari jenjang SD hingga SMA mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan kapasitas dalam ruangan maksimum 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSejumlah murid mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SDN 03 Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (7/4/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di 85 sekolah dari jenjang SD hingga SMA mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan kapasitas dalam ruangan maksimum 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

KOMPAS.com - Seiring dengan diberlakukannya kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas dari tingkat PAUD hingga SMA, banyak orangtua mulai khawatir akan terjadinya penularan Covid-19 di sekolah.

Apalagi, bagi anak-anak yang lebih kecil atau masih berusia di bawah 12 tahun, mereka belum bisa mendapatkan vaksin untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dari virus corona.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua kita harus benar-benar mempersiapkan anak saat kembali ke sekolah dan melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di sekolah.

Untuk membantu para orangtua, dokter spesialis anak di RSU Bunda Jakarta, Dr.  Natasya Ayu Andamari, SpA, membagikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan orangtua saat anak kembali ke sekolah sebagai berikut ini.

Baca juga: 7 Syarat Sekolah Tatap Muka dari IDAI agar Anak Tetap Aman

1. Memberikan pemahaman tentang Covid-19

Tidak semua anak mengerti tentang pandemi Covid-19, terutama anak-anak yang masih kecil. Maka dari itu, kita perlu memberikan pemahaman yang mendasar mengenai virus corona dan bahanya jika tertular.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Berikan pemahaman tentang Covid-19, bagaimana penularannya, dampaknya, dan cara mencegahnya," kata Dr Tasya dalam acara media gathering Mama's Choice melalui aplikasi Zoom, Selasa (28/9/2021).

"Orangtua bisa menjelaskannya lewat cerita atau video untuk anak-anak yang masih kecil. Tapi kalau anak-anak yang sudah lebih besar bisa dijelaskan secara langsung," sambung dia.

Selain itu, menurut Tasya, orangtua juga perlu mengevaluasi peraturan tatap muka yang diberlakukan oleh pihak sekolah, apakah sudah aman bagi anak-anak untuk kembali ke sekolah atau belum.

Terutama bagi anak yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid yang rentan terhadap penularan Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.