Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal yang Dipersiapkan Orangtua Saat Anak Sekolah Tatap Muka

KOMPAS.com - Seiring dengan diberlakukannya kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas dari tingkat PAUD hingga SMA, banyak orangtua mulai khawatir akan terjadinya penularan Covid-19 di sekolah.

Apalagi, bagi anak-anak yang lebih kecil atau masih berusia di bawah 12 tahun, mereka belum bisa mendapatkan vaksin untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dari virus corona.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua kita harus benar-benar mempersiapkan anak saat kembali ke sekolah dan melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di sekolah.

Untuk membantu para orangtua, dokter spesialis anak di RSU Bunda Jakarta, Dr.  Natasya Ayu Andamari, SpA, membagikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan orangtua saat anak kembali ke sekolah sebagai berikut ini.

1. Memberikan pemahaman tentang Covid-19

Tidak semua anak mengerti tentang pandemi Covid-19, terutama anak-anak yang masih kecil. Maka dari itu, kita perlu memberikan pemahaman yang mendasar mengenai virus corona dan bahanya jika tertular.

"Berikan pemahaman tentang Covid-19, bagaimana penularannya, dampaknya, dan cara mencegahnya," kata Dr Tasya dalam acara media gathering Mama's Choice melalui aplikasi Zoom, Selasa (28/9/2021).

"Orangtua bisa menjelaskannya lewat cerita atau video untuk anak-anak yang masih kecil. Tapi kalau anak-anak yang sudah lebih besar bisa dijelaskan secara langsung," sambung dia.

Selain itu, menurut Tasya, orangtua juga perlu mengevaluasi peraturan tatap muka yang diberlakukan oleh pihak sekolah, apakah sudah aman bagi anak-anak untuk kembali ke sekolah atau belum.

Terutama bagi anak yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid yang rentan terhadap penularan Covid-19.

"Sebaiknya, anak yang memiliki komorbid seperti penyakit pernapasan atau asma tidak kembali ke sekolah dulu sampai benar-benar mendapatkan vaksin secara utuh," sarannya.

2. Membawakan bekal secukupnya

Tidak dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 membuat segalanya menjadi terbatas, bahkan saat kembali ke sekolah anak-anak juga tidak boleh makan atau jajan untuk tetap menjaga kesehatan.

Tasya merekomendasikan agar orangtua membawakan anak bekal secukupnya saat kembali belajar di sekolah.

"Karena ada batasan waktu dan tidak boleh jajan di luar, orangtua perlu membawakan anak bekal yang cukup dan ringkas," terangnya.

Adapun bekal yang dibawa harus berisi makanan-makanan bernutrisi dan tetap memenuhi vitamin yang dibutuhkan selama masa pandemi ini seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan Zinc.

"Kebutuhan nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan karbohidrat (nasi, kentang, roti, spaghetti), protein hewani (daging, telur, susu), dan serat dari buah maupun sayuran," ungkapnya.

3. Mengajarkan anak melakukan 3M

Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah tiga aspek penting yang harus dilakukan anak selama sekolah tatap muka agar terhindar dari Covid-19.

Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk mengajarkan kepada anak agar menjaga kebersihan diri dan perlengkapan yang dibawa ke sekolah.

Tasya mengatakan bahwa mengajarkan anak untuk menjaga diri sangat penting di masa pandemi ini karena kita tidak tahu apakah teman-teman lainnya juga melakukan hal yang sama.

Jadi, sebaiknya meskipun sudah mulai bersekolah lagi, anak-anak perlu menjaga diri dan kebersihannya sendiri agar tidak mudah tertular virus yang disebabkan oleh corona atau penyakit lainnya.

Di samping itu, Tasya juga menyarankan orangtua untuk menyiapkan masker cadangan bagi anak saat kembali ke sekolah.

"Namanya anak-anak, kita tidak tahu maskernya mungkin bisa jatuh dan kotor atau harus dipakai seharian penuh. Jadi, sebaiknya siapkan masker cadangan untuk menghindari penularan," kata dia lagi.

4. Menyiapkan kesehatan anak secara fisik dan mental

Memastikan bahwa anak-anak sehat secara fisik dan mental adalah modal utama bagi mereka untuk dapat kembali ke sekolah.

Apalagi, di masa pandemi ini, kesehatan fisik jadi syarat nomor satu bagi anak-anak untuk bisa bepergian ke luar rumah.

"Meski anak-anak di bawah 12 tahun belum bisa mendapatkan vaksin Covid-19, pastikan mereka sudah melakukan imunisasi rutin lainnya yang dapat menjaga sistem imun tubuh," jelas Tasya.

"Kita juga bisa memberikan vitamin-vitamin penting bagi kesehatan tubuh anak melalui makanan atau multivitamin," lanjut dia.

Orangtua juga harus mengetahui apakah anak tidak mengalami stres akibat perubahan rutinitas yang mampu menurunkan imunitas.

Dan biarkan anak melakukan kegiatan yang mereka sukai ketika berada di rumah dan sempatkan waktu bermain bersama sebelum nantinya kembali ke sekolah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/29/113707620/4-hal-yang-dipersiapkan-orangtua-saat-anak-sekolah-tatap-muka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke