Kompas.com - 15/09/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi anak sehat. SHUTTERSTOCK/FamVeldIlustrasi anak sehat.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Sekolah tatap muka telah dimulai di sejumlah daerah di Indonesia. Artinya, orangtua perlu memastikan jenis masker yang tepat untuk menjaga agar anak tetap aman.

Apalagi, banyak anak yang belum bisa mendapatkan vaksin Covid-19 karena masih terlalu muda.

Berdasarkan sebuah studi yang melibatkan 100 sekolah distrik dan 14 sekolah charter, masker memang terbukti efektif dalam mencegah transmisi virus Covid-19 di sekolah meski jarak physical distancing kurang dari satu meter.

Lantas, masker seperti apa yang harus dipilih orangtua sebelum melepas anak-anaknya berangkat ke sekolah? Melansir NPR, berikut tips memilih masker yang tepat bagi anak.

1. Masker harus nyaman dan pas.

Masker hanya akan melindungi jika anak memakainya dengan bernar. Jadi, dokter anak spesialis penyakit menular di Duke University, Ibukun Kalu, mengatakan bahwa masker anak harus nyaman dan pas agar anak tidak mengotak-ngatiknya sepanjang hari.

Kalu menyarankan agar anak mengenakan masker katun dua lapis yang tidak memiliki katup buang dan mengatakan bahwa masker tiga lapis akan lebih bagus.

Kain katun yang ditenun rapat telah tebukti dapat menyaring partikel dengan baik dan kinerjanya dapat meningkat dalam kondisi lembab.

Lalu yang terpenting, pilihlah masker yang pas di hidung, mulut, dan menutup dagu.

Akan lebih baik lagi kika masker memiliki loop telinga dan bagian hidung yang dapat disesuaikan dan pastikan masker anak tidak terbuka lebar di bagian tepinya.

Baca juga: 8 Kesalahan Penggunaan Masker yang Sering Disepelekan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber NPR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.