Kompas.com - 12/01/2021, 06:31 WIB
Seorang bocah melintas di depan mural tentang penggunaan masker di Kota Tangerang, Banten, Minggu (21/12/2020). Mural tersebut dibuat sebagai edukasi kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/aww. ANTARA FOTO/FAUZANSeorang bocah melintas di depan mural tentang penggunaan masker di Kota Tangerang, Banten, Minggu (21/12/2020). Mural tersebut dibuat sebagai edukasi kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

KOMPAS.com - Menggunakan masker adalah salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Penggunaan masker yang baik dan benar begitu krusial, sampai-sampai kita masih tetap dianjurkan memakai masker meskipun kelak vaksinasi sudah mulai diberikan kepada masayarakat.

Tak sedikit orang yang menyepelekan penggunaan masker, padahal cara penggunaan yang mereka terapkan masih belum tepat.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 oleh perusahaan masker Signs.com menemukan sejumlah kesalahan yang sering dilakukan masyarakat ketika mengenakan masker, termasuk soal perawatan masker yang digunakan.

Meski beberapa temuan mereka mungkin terdengar mengejutkan, tapi kita masih bisa mencegah atau memperbaikinya jika melakukan kesalahan serupa.

Beberapa kesalahan penggunaan masker tersebut, antara lain:

1. Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker
Otoritas kesehatan mungkin sudah sering merekomendasikan kita untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengenakan masker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, studi yang dilakukan Signs.com mengungkapkan bahwa masih banyak pengguna masker yang melewatkan tahapan tersebut.

Sebanyak 35 persen dari peserta penelitian, misalnya, melaporkan tidak mencuci tangan mereka sebelum mengenakan masker, sementara 43,7 persen lainnya mengaku melepas masker tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Untuk mencegah penularan virus, epidemiolog Rashid Chotani menyarankan untuk mencuci tangan selama 20-30 detik sebelum mengenakan dan melepas masker, sebab infeksi yang ditransfer ke tangan kita bisa dengan mudah berpindah ke area hidung, mulut dan mata.

Halaman:


Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X