Kompas.com - 07/10/2021, 06:35 WIB
Biji babchi atau bakuchiol shutterstockBiji babchi atau bakuchiol
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa paparan sinar matahari dapat berdampak buruk bagi kulit.

Coba saja keluar rumah beberapa menit, wajah pasti akan terlihat kusam karena paparan sinar matahari membuat kulit kehilangan kilaunya.

Kusamnya kulit sebenarnya dapat dicegah dengan produksi kolagen. Sayangnya, produksi kolagen alami akan melambat seiring bertambahnya usia, membuat kulit melemah dan menipis. Akibatnya, garis halus, kerutan, dan kusamnya kulit mulai terlihat.

Untuk itu, diperlukan faktor eksternal yang mampu mendukung produksi kolagen dan meningkatkan pertahanan kulit. Dan biasanya, nama retinol dalam berbagai produk kecantikan lah yang kerap disebut.

Memang, saat bicara soal mencegah penuaan dini, bahan aktif seperti retinol dan asam glikolat sangat bermanfaat.

Sebab, jika diaplikasikan dengan tepat, retinol akan mencegah kerutan dan garis tawa, mencerahkan kulit kusam, mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori, dan memudarkan bintik hitam.

Jadi intinya, retinol memperluas dan mempercepat pengisian ulang sel, sehingga akan membuat kulit tampak lebih muda jika diaplikasikan secara rutin.

Sayangnya, retinol memiliki efek samping, seperti kulit kering, kemerahan, gatal, berjerawat, sensitif terhadap sinar matahari, dan banyak lagi.

Karena itulah, penggunaan bakuchiol alias alternatif retinol yang berbasis tanaman kaya vitamin A bisa menjadi pertimbangan.

Baca juga: Bakuchiol Dapat Menjadi Retinol Alami? Ini Penjelasannya

Bunga tanaman babchi atau bakuchiolshutterstock Bunga tanaman babchi atau bakuchiol
Bakuchiol yang merupakan ekstrak dari daun dan biji tanaman bvabchi ini biasa digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk menyembuhkan, dan menenangkan kulit, karena sifat anti-inflamasi dan anti bakterinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.