Kompas.com - 10/10/2021, 21:00 WIB
Ada berbagai cara menghilangkan stres yang bisa kita praktikkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara yang cocok untuk semua orang. PEXELS/DAVID GARRISONAda berbagai cara menghilangkan stres yang bisa kita praktikkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada cara yang cocok untuk semua orang.

KOMPAS.com - Stres buruk bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan kecemasan dan rasa tertekan.

Sayangnya, menghilangkan stres sepenuhnya hampir tidak mungkin, karena kita pasti akan mengalaminya nyaris setiap hari, dan bahkan kadang-kadang terjadi tanpa disadari.

Stres akut bisa terjadi berkepanjangan dan terus-menerus, sehingga dapat berdampak negatif pada kesehatan jika terus berlanjut maupun tidak diobati.

Di sisi lain, seorang petarung MMA Irlandia, Conor McGregor justru mendorong orang-orang untuk mengalami stres akut jika ingin menjadi lebih kuat.

"Paparan terhadap stres akut setiap hari akan membuat kita jauh lebih kuat!" tulis dia dalam kicauan di akun Twitter-nya baru-baru ini.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Stres, Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Dalam kasus Conor, contoh stres akut yang bermanfaat itu, termasuk kopi, sinar matahari, olahraga, sauna, berendam di air es, dan berpuasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini adalah beberapa contoh yang bagus dari faktor stres karena ketika kita mengekspos tubuh kita ke salah satunya, tubuh kita akan merasa ditantang.

Peran stres akut

Selama respons stres akut, sistem saraf otonom diaktifkan dan tubuh mengalami peningkatan kadar kortisol, adrenalin, serta hormon lain.

Supaya dapat menghasilkan peningkatan detak jantung, laju pernapasan yang lebih cepat, dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Berendam di air es adalah contoh sempurna dari aktivitas yang sebenarnya tidak ingin kita lakukan, dan aktivitas yang tidak akan kita nikmati, tetapi menjadi sesuatu yang membawa banyak manfaat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.