Kompas.com - 11/10/2021, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dapat dimengerti betapa melelahkan secara mental untuk mencoba dan melanjutkan jadwal "normal" kita, terutama selama pandemi covid-19.

Kita mungkin harus bekerja dari jarak jauh, membantu anak-anak beradaptasi dengan hybrid learning, sembari menjaga keluarga aman dari virus corona.

Ingatlah bahwa semua stres ini dapat merusak konsentrasi, membuat kita mudah tersinggung atau tertekan, dan berpotensi merusak hubungan profesional dan pribadi.

Untuk itu, menambahkan dan mencoba mempraktikkan perawatan diri dengan latihan otak di pagi hari bisa membantu kita menjernihkan pikiran.

“Berolahraga otak sebelum beraktivitas dapat meningkatkan kemampuan dan kelenturan berpikir dan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan lebih tenang dan efektif,” kata neuropsikolog klinis Jennifer Wolkin, PhD, dari New York City.

Baca juga: Rekomendasi Latihan Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk "mengolahragakan otak" kita?

1. Bersantai dengan membaca bacaan yang baik

Di hari yang serba cepat saat ini, kita sulit meluangkan waktu untuk hal-hal sederhana yang membuat rileks dan merangsang pikiran. Salah satunya adalah membaca, baik itu buku, surat kabar, atau artikel online.

"Padahal membaca adalah salah satu aktivitas terbaik untuk memperkaya otak dengan informasi baru," kata Jason Liauw, MD, ahli bedah saraf di Saddleback Memorial Medical Center di Laguna Hills, California.

“Membaca buku yang bagus atau koran pagi bukan hanya menenangkan untuk memulai hari, tetapi juga dapat membantu mengatur ulang prioritas kita, dan membawa keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari sebelum hari ini dimulai.”

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.